spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Album Perdana 5 Sekawan, Menuju Rockstar Hadirkan Alunan Musik Catchy dan Berani

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Setelah 12 tahun berkarya. band 5 Sekawan merilis album perdana dengan tajuk ‘Menuju Rockstar’, Sabtu (19/12/2020). Album perdana dari band yang mengusung genre Pop Punk Inisiatif ini berisi 10 lagu yang beberapa diantaranya telah dirilis dalam bentuk single dan video klip.

    Tiga lagu yang sebelumnya dirilis sebagai single yakni ‘Rockstarʼ, ‘Indonesia Masa Kiniʼ, ‘Heiʼ, dan ‘Bukan Mereka’. Band indie yang dibentuk pada 27 Juni 2008 ini, digawangi Riyan Renaldi (Rere) di guitar, Sulthan Hafiiz Hakiim (Sulthan) sebagai vokalis, Kukuh Pahlawan Noviandra (Kukuh) di posisi bass, Audeleo Ferrel Kurniawan (Ferrel) di guitar, dan Reza Irvan Sadad (Eja) sebagai penabuh drum.

    Tema modern diambil dalam album perdana 5 Sekawan, baik secara tampilan fisik album maupun
    musik yang dihadirkan di setiap lagu. Secara umum, lagu dalam album perdana ini bercerita tentang kehidupan remaja yang penuh kejutan dan dinamis. Mulai dari kisah pertemanan, kepekaan isu sosial hingga urusan asmara yang dikemas menjadi sebuah motivasi bagi para Sekawan Army.

    Sulthan mengatakan, proses pengerjaan album dilakukan dengan mandiri. Karena itu, banyak hal baru yang ditemukan setiap personil dalam proses penggarapan album.

    “Dari awal pengerjaan hingga lagu jadi, banyak hal baru yang kami temukan dan pelajari karena prosesnya dikerjakan mandiri. Karakter musik dari masing-masing personil pun ter-infused di album ini. Jadi ada warna baru di lagu dalam album ini dan ternyata responnya sangat baik,” kata Sulthan.

    Sulthan pun mengungkap history dibalik pemilihan nama album yang hanya terdiri dari dua kata. Sang drummer, Eja menjadi orang yang memberi ide terkait nama album ‘Menuju Rockstar’.

    “Nggak sengaja sebenarnya. Saat mengerjakan album ini, kami belum tahu mau dikasih judul apa dan tema yang bisa bikin semua nempel tuh apa. Ternyata ada dua sisi selain lagu ‘Rockstar’ yang memang kuat karakternya atau bisa dibilang sudah menjadi brand image 5 Sekawan serta suatu hal yang kita tuju sejak dulu, it works. Jadilah gabungan keduanya,” kata Eja.

    Rere menambahkan, penggunaan instrumen yang lebih diperkaya dalam proses mixing menjadi sesuatu yang baru di setiap lagu pada album ini. Mulai dari alunan musik yang catchy hingga yang membangkitkan semangat hadir dalam album ‘Menuju Rockstar’.

    “Album ini diharapkan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi para insan muda yang haus akan musik bergelora,” kata Rere.

    Ini track list lagu di album Menuju Rockstar
    1. ROCKSTAR
    2. T.B.A.J.O.K
    3. H E I
    4. ILFEEL
    5. BUKAN MEREKA
    6. KEMBANG DESA
    7. BUKAN PION CATUR
    8. IDOLA INSTANT
    9. INDONESIA MASA KINI
    10. T.M.T

    *Bonus Track
    JENDERAL SOEDIRMAN

    BACA JUGA: Simak, Uang Rupiah ini Bakal Tidak Laku lagi di 2020

    Pertama kali berdiri tahun 2008, band 5 Sekawan tampil dengan 4 personil plus satu additional player di keyboard. Yakni Eja (drum) Habi (bass), Aldy (guitar), Oranis (vokal) dan Gilang sebagai additional player.

    Susunan personil ini bertahan tiga tahun, usai Rere masuk dan menghilangkan posisi additional player. Lalu di tahun 2012, Sulthan masuk menggantikan Oranis.

    Susunan personil 5 Sekawan kembali berubah di tahun 2015 setelah Habi keluar dan digantikan Ajay Domn di tahun 2017. Namun di tahun 2018, Ajay Domn pun mundur mengikuti jejak Aldy yang juga mundur setelah diterima sebagai prajurit TNI.

    Dan formasi saat ini yakni Rere (guitar), Sulthan (vokal), Kukuh (bass), Ferrel (guitar), dan Eja (drum), bertahan sejak pertama terbentuk di tahun 2019.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img