Sabtu 24 Oktober 2020

15 Manfaat Jahe, resiko dan Asal Usulnya

BANDUNG,FOKUSjabar.id: Manfaat Jahe sangat banyak sekali, sebagian orang kerap menambahkan jahe  pada masakan atau pun minuman untuk membuat sensasi makanan semakin nikmat dan hangat. Namun, apakah anda tau berapa banyak manfaat jahe dan asal usulnya?

Asal Usul Jahe

Ilustrasi. (web)

Jahe memiliki nama ilmiah zingiber officinale, nama tersebut diberikan oleh William Roxburg yang berasal dari kata Yunani yakni zingiberi dan juga dari bahasa Sansekerta yaitu singaberi.

Jahe merupakan tanaman rimpang yang banyak dikenal sebagai rempah-rempah dan bahan baku obat.

Tanaman ini termasuk dalam kelompok temu-temuan atau Zingiberaceae. Rasa pedas dari tanaman ini berasal dari senyawa keton bernama zingeron.

BACA JUGA:7 Manfaat Lidah Mertua untuk Kesehatan

Banyak sekali spekulasi tentan asal dari tanaman ini. Sebab diperkirakan tanaman ini berasal dari tahan india. Namun, banyak juga yang mengatakan bahwa tanaman ini berasal dari dari Republik Rakyat Cina Selatan.

Dari India tanaman ini diperdagangkan sebagai rempah hingga ke Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah.

Pada zaman kolonialisme, jahe yang memiliki rasa pedas dan sensasi hangat pada makanan segera menjadi komoditas yang sangat diminati di Eropa.

Jahe hanya bisa ditanam dan bertahan hidup di daerah tropis. Jahe hanya bisa ditanam di daerah katulistiwa seperi Brasil, Asia Tenggara, dan Afrika.

Saat ini negara Brasil dan Equador menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.

Manfaat Jahe

Ilustrasi. (web)

Manfaat Jahe memiliki banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Bahkan, tanaman ini telah digunakan sebagi obat selama berabad-abad.

1. Menjaga Kesehatan Otak

Dengan mengkonsumsi tanaman ini secara teratur bisa menjaga kesehehatan otak, karena tanaman ini mampu menghadang proses peradangan pada tak.

2. Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Menstruasi kerap menyiksa para wanita karena rasa sakit yang ditimbukannya. Dengan mengkonsumsi jahe rasa sakit saat haid bisa berkurang.

3. Menghindari penyakit Jantung

Manfaat jahe diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti diketahui, Kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Melawan Infeksi

Jahe memiliki senyawa aktif gingerol yang bermanfaat untuk melawan virus penyebab Infeksi.

5. Meningkatkan kesuburan Pria

Manfaat Jahe sangat berperan dalam kesehatan seksualitas pria. Tanaman ini dipercaya mampu meningkatkan jumlah hormon testoteran yang bisa meningkatkan kesuburan pria.

6. Penghilang Mual

Tanaman ini memiliki kandungan dan bau khas yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa mual.

Tak hanya itu, manfaat jahe juga bisa untuk mengobati mabuk laut. Anda bisa mengiolah jahe dengan cara merebus dengan air atau mencampurnya ke dalam teh.

7. Meperbaiki Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi tanaman ini dengan mencampurnya dengan makanan bisa mencegah keracunan akibat bakteri.

Manfaat jahe sangat baik untuk sisterm pencernaan., dengan mengonsumsi tanaman ini dapat mencegah naiknya asam lambung, perut kembung dan sembelit.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Dengan mengkonsumsi tanaman ini secara teratur bisa menjaga kesehehatan otak, karena tanaman ini mampu menghadang proses peradangan pada tak.

9. Pelepas Stress

Tanaman ini memiliki kandungan polifenol yang dapat membantu meredakan stres. Mengkonsumsi tanaman ini setiap hari dapat membantu meredakan stress.

10. Mencegah Kanker

Manfaat jahe sangat baik untuk mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi tamanam ini dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker rahim.

11. Mengurangi Peradangan

Jahe memiliki kandungan antiinflamasi mampu mengurangi peradangan pada persendian seperti dampak rematik yang dapat dikurangi secara perlahan.

12. Meningkatkan Nafsu Makan

manfaat Jahe dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Caranya, kunyha seiris jahe dengan lemon dan garam.

13. Melancarkan Peredaran Darah

Tanaman ini ternyata mampu memberikan efek stimulasi pada otot jantung untuk mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

14. Melegakan Tenggorokan

manfaat jahe dapat memberikan efek hangat pada tenggorokan. Minumlah air dari rebusan jahe untuk meredakan rasa gatal karena penyakit pernapasan.

15. Mencegah Kebotakan

Jahe mampu mengatasi kerontokan pada rambut. Tanaman ini merangsang folikel di kulit kepala untuk memelihara kulit kepala serta menguatkannya.

Olah jahe menjadi masker rambut dengan cara menumbuknya hingga lumat kemudian campurkan minyak kelapa murni.

16. Program Diet

Ilustrasi. (web)

Dalam studi yang diterbitkan European Review for Medical and Pharmacological Sciences menyatakan suplementasi jahe mampu menurunkan berat badan.

Peneliti mengatakan suplementasi jahe tersebut dapat menekan obesitas dan bisa menjadi terapi diet.

Konsumsi jahe bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan membantu pencernaan dengan baik.

Jahe juga dapat memperkuat fungsi metabolisme, detoksifikasi dan meningkatkan proses pembakaran lemak menjadi energi.

Rebus jahe kemudian minum airnya saat hangat 2-4 cangkir sehari. Hal itu akan meningkatkan pengeluaran keringat dan mempunyai efek diuretik, yang dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Efek Samping Jahe

Ilustrasi. (web)

Jahe ternyata memiliki sejumlah efek samping seperti menurunkan kadar gula dalam darah sehingga perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Melansir Liputan6, Mengkonsumsi tanaman ini secara berlebihan juga bisa mengurangi pembekuan darah dan menganggu proses pengenceran darah.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe tidak lebih dari 4gram per hari dan tidak lebih dari 1 gram per hari untuk wanita hamil. Meminum jahe secara berlebihan akan menimbulkan masalah pencernaan.

1.Heartburn

Heartburn merupakan sensasi panas dan terbakar di dada atau tenggorokan. Hal ini disebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan.

Mengkonsumsi jahe dengan dosis tinggi (lebih dari 4 gram per hari), dapat menyebabkan heartburn.

2. Menurunkan gula darah secara drastis

Mengonsumsi jahe berlebihan dapat menurunkan gula darah secara drastis dan menimbulkan sejumlah efek samping. Gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan sakit kepala, lemas dan pusing.

Meminum air jahe dengan obat diabetes saangat tidak dianjurkan. Tanaman ini bisa meningkatkan efek obat dan menyebabkan hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah secara berlebihan.

4. Picu pendarahan

Jahe bisa meningkatkan risiko pendarahan Bagi orang yang memiliki kondisi kelainan darah atau sedang mengonsumsi obat yang memperlambat pembekuan darah, Mngonsumsi jahe sebelum mau pun pasca operasi berisiko meningkatkan perdarahan.

5. Kembung

Air dari olahan jahe menyebabkan efek samping pencernaan ringan. Yang paling sering terdampak adalah sistem pencernaan bagian atas dan menyebabkan gas. Tanamn ini bisa menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman pada perut.

Mengkonsumsi jahe sebulum makan dapat menyebabkan sakit perut. hal itu terjadi lantaran rangsangan lambung berlebih, menyebabkan gangguan pencernaan akibat sekresi empedu.

(Agung)

 

 

Artikel Lainnya

Kasus Suap DAK, Wali Kota Tasikmalaya Ditangkap KPK

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai,...

Akibat Hujan Deras, Rumah di Ciamis Ambruk

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hujan dengan intensitas tinggi di Kabupaten Ciamis dan sekitarnya membuat rumah yang dihuni oleh Solihin Tarman di Lingkungan Kalapajajar Ambruk, Rabu (21/10/2020) dini...

Wapres: Vaksinasi Sejalan Ajaran Islam

BANJAR,FOKUSJabar.id: Uji Klinis Vaksin Virus Corona akan disuntikkan pada jutaaan masyarakat. Pasalnya, Vaksin tersebut diadakan Pemerintah melalui kerjasama dengan negara-negara lain ataupun yang dikembangkan...

Prung Clohting Hadirkan Fashion Sepak Bola Casual

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Fashion sepak bola di Kota Bandung memiliki ciri khas sendiri berbeda dengan fashion di kota lain, terlebih Kota Kembang ini merupakan kota center...

Hindari Diabetes Tipe 2 dengan Rajin Minum Teh Ini

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyakit diabetes tipe 2 merupakan kondisi penyakit yang membutuhkan perhatian khusus agar tidak menyebabkan komplikasi serius. Meski penderita diharuskan menghindari makanan dan minuman...

Paus Fransiskus Dukung Aturan Penyatuan sipil, Netizen Dunia Heboh

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus mendukung aturan penyatuan sipil untuk pernikahan sejenis. Netizen di dunia pun heboh dalam perdebatan. Pernyataan tersebut muncul dalam...

Jokowi: Libur Panjang Akhir Oktober Kasus Covid-19 Jangan Meningkat

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau libur panjang akhir Oktober 2020 mendatang membuat jumlah kasus Covid-19 meningkat. Diketahui libur panjang diakhir Oktober 2020 mulai...