spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    15 Manfaat Jahe, resiko dan Asal Usulnya

    BANDUNG,FOKUSjabar.id: Manfaat Jahe sangat banyak sekali, sebagian orang kerap menambahkan jahe  pada masakan atau pun minuman untuk membuat sensasi makanan semakin nikmat dan hangat. Namun, apakah anda tau berapa banyak manfaat jahe dan asal usulnya?

    Asal Usul Jahe

    Ilustrasi. (web)

    Jahe memiliki nama ilmiah zingiber officinale, nama tersebut diberikan oleh William Roxburg yang berasal dari kata Yunani yakni zingiberi dan juga dari bahasa Sansekerta yaitu singaberi.

    Jahe merupakan tanaman rimpang yang banyak dikenal sebagai rempah-rempah dan bahan baku obat.

    Tanaman ini termasuk dalam kelompok temu-temuan atau Zingiberaceae. Rasa pedas dari tanaman ini berasal dari senyawa keton bernama zingeron.

    BACA JUGA:7 Manfaat Lidah Mertua untuk Kesehatan

    Banyak sekali spekulasi tentan asal dari tanaman ini. Sebab diperkirakan tanaman ini berasal dari tahan india. Namun, banyak juga yang mengatakan bahwa tanaman ini berasal dari dari Republik Rakyat Cina Selatan.

    Dari India tanaman ini diperdagangkan sebagai rempah hingga ke Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah.

    Pada zaman kolonialisme, jahe yang memiliki rasa pedas dan sensasi hangat pada makanan segera menjadi komoditas yang sangat diminati di Eropa.

    Jahe hanya bisa ditanam dan bertahan hidup di daerah tropis. Jahe hanya bisa ditanam di daerah katulistiwa seperi Brasil, Asia Tenggara, dan Afrika.

    Saat ini negara Brasil dan Equador menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.

    Manfaat Jahe

    Ilustrasi. (web)

    Manfaat Jahe memiliki banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Bahkan, tanaman ini telah digunakan sebagi obat selama berabad-abad.

    1. Menjaga Kesehatan Otak

    Dengan mengkonsumsi tanaman ini secara teratur bisa menjaga kesehehatan otak, karena tanaman ini mampu menghadang proses peradangan pada tak.

    2. Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

    Menstruasi kerap menyiksa para wanita karena rasa sakit yang ditimbukannya. Dengan mengkonsumsi jahe rasa sakit saat haid bisa berkurang.

    3. Menghindari penyakit Jantung

    Manfaat jahe diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti diketahui, Kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

    4. Melawan Infeksi

    Jahe memiliki senyawa aktif gingerol yang bermanfaat untuk melawan virus penyebab Infeksi.

    5. Meningkatkan kesuburan Pria

    Manfaat Jahe sangat berperan dalam kesehatan seksualitas pria. Tanaman ini dipercaya mampu meningkatkan jumlah hormon testoteran yang bisa meningkatkan kesuburan pria.

    6. Penghilang Mual

    Tanaman ini memiliki kandungan dan bau khas yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa mual.

    Tak hanya itu, manfaat jahe juga bisa untuk mengobati mabuk laut. Anda bisa mengiolah jahe dengan cara merebus dengan air atau mencampurnya ke dalam teh.

    7. Meperbaiki Sistem Pencernaan

    Mengkonsumsi tanaman ini dengan mencampurnya dengan makanan bisa mencegah keracunan akibat bakteri.

    Manfaat jahe sangat baik untuk sisterm pencernaan., dengan mengonsumsi tanaman ini dapat mencegah naiknya asam lambung, perut kembung dan sembelit.

    8. Menjaga Kesehatan Otak

    Dengan mengkonsumsi tanaman ini secara teratur bisa menjaga kesehehatan otak, karena tanaman ini mampu menghadang proses peradangan pada tak.

    9. Pelepas Stress

    Tanaman ini memiliki kandungan polifenol yang dapat membantu meredakan stres. Mengkonsumsi tanaman ini setiap hari dapat membantu meredakan stress.

    10. Mencegah Kanker

    Manfaat jahe sangat baik untuk mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi tamanam ini dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker rahim.

    11. Mengurangi Peradangan

    Jahe memiliki kandungan antiinflamasi mampu mengurangi peradangan pada persendian seperti dampak rematik yang dapat dikurangi secara perlahan.

    12. Meningkatkan Nafsu Makan

    manfaat Jahe dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Caranya, kunyha seiris jahe dengan lemon dan garam.

    13. Melancarkan Peredaran Darah

    Tanaman ini ternyata mampu memberikan efek stimulasi pada otot jantung untuk mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

    14. Melegakan Tenggorokan

    manfaat jahe dapat memberikan efek hangat pada tenggorokan. Minumlah air dari rebusan jahe untuk meredakan rasa gatal karena penyakit pernapasan.

    15. Mencegah Kebotakan

    Jahe mampu mengatasi kerontokan pada rambut. Tanaman ini merangsang folikel di kulit kepala untuk memelihara kulit kepala serta menguatkannya.

    Olah jahe menjadi masker rambut dengan cara menumbuknya hingga lumat kemudian campurkan minyak kelapa murni.

    16. Program Diet

    Ilustrasi. (web)

    Dalam studi yang diterbitkan European Review for Medical and Pharmacological Sciences menyatakan suplementasi jahe mampu menurunkan berat badan.

    Peneliti mengatakan suplementasi jahe tersebut dapat menekan obesitas dan bisa menjadi terapi diet.

    Konsumsi jahe bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan membantu pencernaan dengan baik.

    Jahe juga dapat memperkuat fungsi metabolisme, detoksifikasi dan meningkatkan proses pembakaran lemak menjadi energi.

    Rebus jahe kemudian minum airnya saat hangat 2-4 cangkir sehari. Hal itu akan meningkatkan pengeluaran keringat dan mempunyai efek diuretik, yang dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

    Efek Samping Jahe

    Ilustrasi. (web)

    Jahe ternyata memiliki sejumlah efek samping seperti menurunkan kadar gula dalam darah sehingga perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

    Melansir Liputan6, Mengkonsumsi tanaman ini secara berlebihan juga bisa mengurangi pembekuan darah dan menganggu proses pengenceran darah.

    Dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe tidak lebih dari 4gram per hari dan tidak lebih dari 1 gram per hari untuk wanita hamil. Meminum jahe secara berlebihan akan menimbulkan masalah pencernaan.

    1.Heartburn

    Heartburn merupakan sensasi panas dan terbakar di dada atau tenggorokan. Hal ini disebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan.

    Mengkonsumsi jahe dengan dosis tinggi (lebih dari 4 gram per hari), dapat menyebabkan heartburn.

    2. Menurunkan gula darah secara drastis

    Mengonsumsi jahe berlebihan dapat menurunkan gula darah secara drastis dan menimbulkan sejumlah efek samping. Gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan sakit kepala, lemas dan pusing.

    Meminum air jahe dengan obat diabetes saangat tidak dianjurkan. Tanaman ini bisa meningkatkan efek obat dan menyebabkan hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah secara berlebihan.

    4. Picu pendarahan

    Jahe bisa meningkatkan risiko pendarahan Bagi orang yang memiliki kondisi kelainan darah atau sedang mengonsumsi obat yang memperlambat pembekuan darah, Mngonsumsi jahe sebelum mau pun pasca operasi berisiko meningkatkan perdarahan.

    5. Kembung

    Air dari olahan jahe menyebabkan efek samping pencernaan ringan. Yang paling sering terdampak adalah sistem pencernaan bagian atas dan menyebabkan gas. Tanamn ini bisa menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman pada perut.

    Mengkonsumsi jahe sebulum makan dapat menyebabkan sakit perut. hal itu terjadi lantaran rangsangan lambung berlebih, menyebabkan gangguan pencernaan akibat sekresi empedu.

    (Agung)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img