spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Profesor Indonesia Raih Penghargaan Dosen Terbaik di Jerman

    JERMAN,FOKUSJabar.id: Profesor asal Indonesia Hendro Wicaksono menerima penghargaan dosen terbaik, Teacher of the Year, yang diberikan Universitas Jacobs, Bremen, Jerman, Senin (7/9/2020). Hal itu disampajkan pejabat Pensosbud KBRI Berlin Hannan Hadi.

    Dalam sertifikat disebutkan bahwa Hendro berhasil menjadikan metode pembelajaran daring yang secara intrinsik memuaskan.

    Dia juga dinilai berhasil memberikan perkuliahan secara persuasif dan mendorong antusiasme tinggi para mahasiswa khususnya pada masa pembelajaran secara virtual.

    BACA JUGA: Profesor Masuk Desa Solusi Pembangunan di Pangandaran

    Mengomentari hal ini, Hendro, yang memiliki gelar lengkap, Prof. Dr-Ing, menyebutkan di masa pandemi Covid-19 ini, transformasi digital berjalan semakin cepat.

    Materi pembelajaran di internet pada dasarnya sangat mudah diakses oleh mahasiswa, baik dari sumber gratis maupun berbayar.

    “Kita dengan mudah dapat mempelajari konsep-konsep dan teknologi baru lewat internet,” ujarnya.

    Bahkan konsep gamification dan virtual reality, dapat berinteraksi dengan materi pembelajaran yang mengasyikkan.

    “Tanpa ada pertemuan tatap muka dengan dosen, sepertinya semua ilmu yang dibutuhkan bisa didapat,” Kata dia.

    Selain menjadi dosen, Hendro menjabat sebagai Head of Research Group for Intelligent Data Management for Industry 4.0 (INDEED) di kampus.

    Sederet hasil riset Hendro diakui dan digunakan di banyak institusi di Jerman dan Eropa lainnya. Tahun 2013 Hendro mengembangkan sistem meningkatkan efisiensi penggunaan energi berbasis artificial intelligence yang digunakan di beberapa gedung di Jerman, di Eindhoven Belanda, Sevilla dan Barcelona di Spanyol.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img