spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    4 Kandungan Jambu Biji Merah dan 14 Manfaat Daunnya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, siki dan klutuk merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil disebarkan ke Indonesia, melalui Thailand.

    Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging berwarna putih dan merah. Rasanya asam-manis serta banyak mengandung vitamin C.

    jambu biji merah fokusjabar.id
    foto web

    Jambu biji merah bukan hanya memiliki rasa yang enak dan khas namun juga memiliki kandungan vitamin dan gizi yang sangat baik bagi tubuh karena mengandung serat, vitamin C, asam folat, antioksidan dan lainnya.

    Baca Juga: 11 Manfaat Bunga Honje untuk Tubuh Kita

    Bahkan, menurut penelitian kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu batu merah mengandung 4 kali lebih besar dari yang ada di dalam buah Jeruk.

    Jambu Biji Merah mengandung:

    1. Antioksidan

    Antioksidan cukup tinggi dan tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya di dalam buahnya saja, namun juga di dalam daunnya.

    1. Fitonutrein

    Fitonutrein bermanfaat bagi kesehatan mata dan juga memelihara organ prostat.

    1. Vitamin A

    Sangat baik bagi kesehatan Mata dan sangat baik untuk mencegah penyakit  jantung, membuat kulit tetap sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga serta merawat sel-sel tubuh.

    1. Vitamin C

    Menurut penelitian kandungan vitamin C, 4 kali lebih banyak dari pada yang ada di dalam buah Jeruk. Jumlah ini tentunya sangatlah baik bagi anda karena sangat bermanfaat bagi tubuh.

    Manfaatnya untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut, menjaga kesehatan pembuluh darah, meningkatkan fungsi otak, membantu menyenbuhkan bekas luka dan membantu tubuh saat menyerap zat besi.

    Selain itu vitamin C juga digunakan untuk membantu meningkatkan kolagen tempat dimana sel-sel dibentuk.

    Manfaat Daun:

    1. Mencegah Diare

    Ekstrak daunnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Jenis Cara menggunakannya mudah. Tambahkan daun dan akarnya ke dalam secangkir air mendidih, kemudian saring airnya. Minumlah dengan keadaan perut kosong.

    jambu batu merah fokusjabar.id
    foto web
    1. Menurunkan Kolesterol

    Sebuah artikel yang dipublikasikan Nutrition and Metabolism menjelaskan, sebuah penelitian di mana para koresponden setelah meminumnya kadar kolestrol mereka menurun setelah 8 minggu.

    1. Mencegah Obesitas

    Masalah berat badan memang paling sensitif bagi kebanyakan orang. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satu penyebab obesitas ialah karbohidrat berlebih yang bisa berubah menjadi gula. Daun buah ini dapat mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula.

    1. Melawan Kanker

    Kandungan lycopene antioksidan dalam jumlah tinggi pada daun ini dapat membantu melawan kanker. Terutama kanker payudara, prostat dan mulut.

    1. Menghilangkan Jerawat

    Jerawat sangat mengganggu penampilan siapapun. Nah, dengan daun ramuan daun ini bisa menghilangkannya. Tumbuk sampai halus dan oleskan pada jerawat.

    1. Meningkatkan Tekstur Kulit

    Selain mengatasi jerawat, juga bermanfaat untuk kecantikan karena bisa meningkatkan tekstur kulit. Jadi, meskipun tidak memiliki jerawat tidak ada salahnya mengoleskan ramuan ini pada wajah karena dapat mengencangkan otot-otot wajah.

    1. Atasi Rambut Rontok

    Rebus daun buah ini dan pijatkan di kulit kepala. Jangan lupa pastikan airnya sudah dingin sebelum digunakan untuk kulit kepala Anda.

    1. Atasi Diabetes

    Penyakit lain yang paling ditakuti setiap orang ialah diabetes. Serat tinggi pada daun ini dapat melawan diabetes dengan meperlambat penyerapan gula dalam darah. Ekstrak daunnya juga bisa mencegah diabetes tipe 2 berkembang.

    1. Mengobati Sariawan dan Sakit Gigi

    Kunyah daun ini sampai lumat (tidak perlu ditelan). Sariawan dan sakit gigi anda akan sembuh.

    1. Mengobati Gastrointestinal

    Gastrointestinal ialah hal yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti pada lambung dan usus. Daun buah ini bisa mengurangi produksi lendir ekstra yang bisa mengiritasi sistem pencernaan.

    Juga mencegah pertumbuhan mikroba lebih lanjut dalam usus dengan adanya sifat anti bakteri.

    1. Bagus untuk Otak

    Daunnya mengandung vitamin B3 (niasin) dan vitamin B6 (Piridoksin) yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Kandungan tersebut juga bisa merangsang fungsi kognitif dan menenangkan saraf.

    1. Mengatasi Sembelit

    Kadar serat pada daunnya amat tinggi. Tidak heran jika dapat membantu Anda yang susah buang air besar.

    1. Menigkatkan Kekebalan Tubuh

    Agar tidak mudah terserang penyakit, hal terpenting adalah memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Daun buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mengurangi risiko berbagai macam penyakit.

    1. Kesehatan Jantung

    Penyakit jantung tidak bisa disepelekan. Untuk itu daun buah ini bermanfaat bagi jantung dan sistem peredaran darah Anda. Semoga bermanfaat!

    (Bambang Fouristian/Net)     

    Berita Terbaru

    spot_img