spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Ikan Arwana Capai 5,7 M, Ini Jenis-Jenisnya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jenis-jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia, Warna dan corak tubuh arwana yang begitu indah, membuat ikan ini bisa dihargai miliaran. Yuk, kenali jenis ikan arwana dan harganya berikut ini, Toppers!

    Jenis Ikan Arwana – Bagi pecinta ikan hias, arowana atau arwana memiliki daya tarik tersendiri. Hampir setiap pecinta ikan hias memiliki setidaknya satu jenis ikan Arwana. Ikan air tawar dengan nama ilmiah Osteoglossidae ini memiliki berbagai ukuran tergantung pada jenis, tempat asal, dan lingkungan hidupnya.

    Ada begitu banyak jenis ikan arwana di dunia, namun beberapa jenis yang bisa dipelihara berasal dari Asia, Amerika Selatan, Australia, hingga Afrika. Di wilayah Indonesia sendiri, jenis ikan arwana banyak ditemukan di daerah Papua dan Kalimantan.

    Jika kamu ingin menambah koleksi ikan hias, berikut ini adalah jenis ikan arwana tercantik dan terpopuler yang direkomendasikan para pecinta ikan hias.

    BACA JUGA: Pemerintah Dorong Ekspor Ikan Arwana

    Jenis-jenis Ikan Arwana dan Harganya

    1. Ikan Arwana Red Tail Golden
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Iustrasi (Web)

    Ikan arwana red tail golden dikenal juga dengan nama golden red berasal dari wilayah Pekanbaru, Riau, dan beberapa wilayah Sumatra lainnya. Sifat naturalnya yang agresif menjadikan jenis ikan arwana red tail golden ini susah untuk ditangkap.

    Karakteristik warna ikan arwana red tail golden adalah biru, hijau, dan keemasan. Postur fisiknya bisa tumbuh hingga 90 centimeter (cm). Jenis ikan arwana ini biasanya dihargai sekitar Rp 4,5 juta.

    1. Ikan Arwana Brasil (Silver Arowana)
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Ilustrasi (Web)

    Ikan arwana ini merupakan yang paling sering dijumpai di Indonesia, karena harga terjangkau. Ukuran ikan dewasa bisa mencapai 1 meter (m). Kemampuan unik dari ikan silver arowana adalah ia mampu melompat ke udara dari dalam air untuk menangkap mangsanya, seperti serangga.

    Karakteristik dari jenis ikan arwana Brasil adalah bentuk tubuh dan sirip panjang dengan warna silver di seluruh tubuhnya. Jenis ikan arwana ini biasanya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 2 juta.

    1. Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Ilustrasi (Web)

    Arwana Banjar memiliki warna merah level 2, namun tidak tampak seperti ikan arwana merah. Panjang total jenis ikan arwana Banjar bisa mencapai 90 cm. Untuk memelihara ikan Banjar red arowana, dibutuhkan kapasitas akuarium besar karena mereka butuh bergerak dan sangat aktif.

    Karakter fisik yang paling menonjol dari ikan arwana Banjar adalah warna sirip oranye, ekor yang berwarna kekuningan. Banjar red arowana harganya sama seperti arwana Brasil, yakni Rp 2 jutaan.

    1. Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Ilustrasi (Web)

    Salah satu jenis ikan arwana termahal yang pernah ada. Ikan arwana black golden memiliki warna emas dengan sisi pada sisik berwarna kehitaman. Ikan ini sering ditemukan di wilayah Penang, Malaysia. Akan tetapi, tidaklah mudah menemukan ikan arwana black golden berkeliaran di rawa yang menyebabkan harganya sangat mahal, yakni sekitar Rp 18 jutaan.

    1. Ikan Arwana Super Red
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Ilustrasi (Web)

    Arwana super red sebenarnya merupakan jenis ikan arwana Asia. Arwana jenis ini punya warna merah yang mencolok dan atraktif, menjadi salah satu peliharaan terfavorit para kolektor. Super red arowana sendiri biasanya dapat ditemukan hidup liar di sungai Kapuas dan dekat danau di bagian Barat Kalimantan, Indonesia.

    Soal harganya, arwana dengan nama latin Scleropages legendrei ini biasanya dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 48 juta.

    1. Ikan Arwana Cross Back Golden
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Ilustrasi (Web)

    Arwana cross back golden punya cukup banyak nama, yaitu Pahang golden, Malayan bonytongue, Taiping golden, dan Malaysian gold. Ikan bernama latin Scleropages formosus ini memiliki beberapa tipe warna, namun yang paling mencolok adalah warna emas di bagian punggung yang menjadi ciri khas. Ikan ini banyak ditemukan di Malaysia, yakni di sekitaran Perak, Tyrengganu, danau Bukit Merah, hingga Johor.

    Harga ikan ini cukup mahal, karena cukup sulit ditemukan di pasaran. Karena itu, harganya biasanya ditawarkan mulai dari sekitar Rp 18 juta.

    1. Ikan Arwana Papua (Jardini Arowana)
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Ilustrasi (Web)

    Arwana jardini juga dikenal dengan sebutan arwana Papua, gulf saratonga, atau arwana Australia. Ikan bernama latin Scleropages jardinii ini memang merupakan ikan yang aslinya berasal dari Australia dan Papua. Tampilan arwana jardini sendiri mirip ikan arwana Asia, namun warnanya lebih kuning keemasan, tapi tidak terlalu terang atau mencolok.

    Arwana Papua bisa tumbuh hingga ukuran 90 cm dan berat sampai 17 kilogram (kg). Ikan ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 4 juta.

    1. Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Ilustrasi (Web)

    Green arowana atau arwana hijau juga merupakan jenis ikan yang berasal dari Asia. Ikan yang juga dikenal dengan nama arwana golden pino ini bisa ditemukan di sejumlah negara, seperti Thailand, Malaysia, Myanmar, Indonesia, Vietnam, dan Kamboja. Ikan ini punya warna unik, terlihat seperti perpaduan antara kuning, emas dan hijau yang samar. Ikan ini mampu tumbuh dewasa hingga panjang 90 cm.

    Salah satu yang mencolok selain warnanya, green Asian arowana punya kepala yang sedikit lebih besar dibanding ikan arwana Asia lainnya. Arwana golden pino biasanya dihargai sekitar Rp 4 juta.

    1. Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Ilustrasi (Web)

    Arwana Myanmar memiliki corak tubuh yang begitu unik nan cantik. Tubuhnya dipenuhi dengan sisik yang berbentuk seperti pola kain batik, itulah alasan mengapa ikan ini juga disebut dengan arwana batik. Warnanya tubuh ikan ini sendiri terlihat dominan seperti warna perunggu yang berpadu dengan warna silver.

    Dengan corak yang unik, berbeda dengan semua jenis arwana lainnya, batik arowana dibanderol dengan harga sekitar Rp 56 jutaan.

    1. Ikan Arwana Platinum
    FOKUSJabar.id Ikan Arwana
    Ilustrasi (Web)

    Arwana platinum adalah ikan arwana tercantik, dan bahkan menjadi ikan dengan harga termahal di dunia yang pernah ada. Platinum arowana memiliki warna tubuh yang begitu memukau dan terlihat mengilap seperti platinum, sesuai dengan namanya. Jika melihatnya dari dekat, kamu akan sangat kagum akan keindahan tubuh ikan ini yang punya tekstur begitu halus.

    Dengan tampilannya yang sangat indah itu, tak heran jika arwana platinum dihargai sangat mahal, bahkan harganya mencapai sekitar Rp 5,7 miliar, dilansir dari tokopedia.

    Itulah jenis-jenis ikan arwana dan harganya, Toppers. Bagaimana, indah sekali bukan dan pasti kamu kaget akan harganya yang bisa begitu mahalnya? Bagi kamu yang tertarik, memelihara berbagai jenis ikan arwana sebetulnya tidak sulit, namun harus sangat memerhatikan lingkungan dan asupan makanannya.

    (Nendy/Tokped.com)

    Berita Terbaru

    spot_img