Minggu 27 September 2020

Pemkot Bandung Siapkan Rp33,7 Milyar untuk Siswa RMP

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal berikan bantuan bagi siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) tingkat SMA.

Hal itu terucap saat Wali Kota Bandung, Oded M Danial bertemu  dengan Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat (Jabar), Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi, beserta Ketua DPRD Kota Bandung, Teddy Rusmawan pada Senin (3/8/2020) lalu.

“Bantuan untuk siswa RMP SMA sudah bisa dilaksanakan. Kita sudah bertemu dengan Kadisdik jabar dan sudah tidak ada masalah,”ucap Oded di Pendopo Jalan Dalem Kaum Kota Bandung Jawa Barat Rabu (5/8/2020).

Baca Juga: Legislator Demokrat Berikan Bantuan Alkes Dan Sembako

Perlu diketahui, Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp33,7 milyar untuk siswa RMP SMA/SMK negeri dan swasta.

Berdasarkan nilai tersebut, Pemkot Bandung akan memberikan bantuan sebesar Rp. 2 juta per tahun kepada 4588 siswa SMA dan 1.2287 siswa SMK.

Oded mengatakan, hal ini perlu dibicarakan lebih lanjut dengan Disdik Jabar karena kewenangan pengelolaan SMA dan SMK berada di Pemerintah Provinsi Jabar.

“Nanti polanya anggarannya dititipkan di provinsi, karena SMA dan SMK itu kewenangan di provinsi. Tetapi karena itu kan warga Mang Oded, nanti kita yang menyuplai bantuannya,” jelasnya.

Sementara itu, di  tempat yang berbeda, Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Dasar Kota Bandung, Risman Al Isnaeni mengungkapkan, jumlah siswa RMP di Kota Bandung untuk SD swasta 7.556 Siswa, SMP (10.959 siswa) SMA dan SMK (sekitar 16.000 siswa), dan Perguruan tinggi (3.581 mahasiswa).

Untuk membantunya, Pemkot Bandung menyiapkan anggaran sebesar Rp.112 milyar.

Menurutnya, bantuan tersebut diperuntukan bagi siswa-siswa yang diusulkan oleh satuan pendidikan. Data ini adalah siswa RMP di tahun 2019 yang lalu. 

“Alhamdulillah di Juni kemarin sudah tersalurkan sebanyak 50 persen kepada siswa RMP,” ucapnya.

Risman mengatakan, pada tahun 2021 mendatang, ia memprediksi, siswa RMP akan bertambah seiring pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Risman berharap, tersedia ada anggaran yang lebih besar lagi untuk mengakomodir siswa RMP.

“Salah satu syarat RMP ini harus terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Kewilayahan perlu menyensus kembali agar warga terkomodir data DTKS dan akan memperoleh bantuan RMP,” katanya.

(Yusuf Mugni/Bambang)

Artikel Lainnya

Harga dan Spesifikasi Realme Narzo 20A, Narzo 20, dan Narzo 20 Pro

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Realme mengumumkan ponsel terbaru seri Narzo yang terdiri...

Menteri Agama RI Positif Covid-19

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Corona. Kendati begitu, kondisi fisiknya dalam keadaan baik. Demikian disampaika Staf Khusus Menag Kevin Haikal seperti dilansir...

Arkhan Ghifari Relawan Cilik Covid-19 dari Garut

GARUT,FOKUSJabar.id: Bocah berumur tiga tahun asal Garut, Jabar, Arkhan Ghifari Dzakiandra hebohkan Dunia Maya (Dumay), khususnya pengguna Instagram (IG) melalui tayangan media audiovisual-nya. Video yang...

Ramah Lingkungan, Peti Mati ini Buat Tubuh Manusia Jadi Pupuk

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Perusahaan Belanda, Loop menciptakan peti mati ramah lingkungan yang dapat terurai secara alami, Jumat (25/9/2020). Peti yang terbuat dari jamur Miselium itu diklaim dapat...

Dirut Bank bjb Yuddy Renaldi Raih Penghargaan Most Popular Leader in Social Media 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dirut bank bjb, Yuddy Renaldi meraih penghargaan dari PR INDONESIA sebagai Most Popular Leader in Social Media 2020. Penghargaan bergengsi di ranah publikasi kehumasan...

Terpapar Corona, Putra Wali Kota Jambi Meninggal

JAMBI,FOKUSJabar.id: M Fabiansyah, Putra Wali Kota Jambi Syarif Fasha dikabarkan meninggal dunia, Senin (21/9/2020). Kabar duka tersebut pertama kali kali tersiar saat disampaikan di group...

Kata Robert Alberts Soal Regulasi Lima Pergantian Pemain di Liga 1 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan tanggapan mengenai regulasi pergantian pemain yang akan diterapkan saat pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 2020, 1...