Selasa 22 September 2020

Sekolah Jarak Jauh, Ini Kiat Jitu Ajari Anak

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kebijakan sekolah jarak jauh melalui sistem dalam jaringan (daring) bagi anak di tengah pandemi virus corona masih diberlakukan di beberapa wilayah yang termasuk dalam zona merah, kuning serta beberapa zona hijau. Orangtua pun mengambil peran penting seorang guru di sekolah dalam mengawasi proses pembelajaran.

Namun ditengah kebijakan tersebut, tidak sedikit orangtua yang justru stres ketika harus mengajari anak yang sekolah jarak jauh secara daring di rumah. Bahkan tak jarang orangtua yang justru tak terlalu memahami pelajaran yang dihadapi anaknya.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tip yang bisa dilakukan untuk mengajari anak yang sekolah jarak jauh secara daring dari rumah. Yang pertama dan menjadi hal mendasar adalah, orangtua harus membuang jauh-jauh rasa gengsi saat tidak terlalu memahami pelajaran yang dihadapi anak. Bersikap jujur saat itu terjadi menjadi cara untuk terhindar dari stres.

BACA JUGA: Pembelajaran Tatap Muka di Ciamis Mulai Agustus

“Orangtua harus mengakui kalau dia tidak bisa, jangan memaksakan diri, nanti orangtua kecewa, ‘kok saya tidak bisa mengajarkan ya?'” kata psikolog Ajeng Raviando saat bincang-bincang ‘Jaga Kesehatan, Belajar di Rumah, Bebas Stres’ di Jakarta, baru-baru ini.

Berusaha menanggung beban dalam mengajari anak sendirian, ujar Ajeng, dapat menimbulkan rasa tertekan. Jika merasa kurang mampu, tak perlu sungkan mencari bantuan dari orang lain. Tanyakan kepada pasangan atau orang-orang terdekat yang bisa lebih membantu anak dalam belajar.

“Cari bantuan yang bisa membuat orangtua merasa lebih nyaman, jangan menanggung beban sendirian,” kata dia.

Cara ini dapat membantu orangtua mengatur energi dan suasana hati agar kondisi di rumah tetap menyenangkan. Bila orangtua memaksakan diri untuk membantu anak belajar, meski kurang memahaminya, yang terjadi adalah emosi meledak-ledak.

Orangtua yang menjadi lebih galak saat menjadi ‘guru’ di rumah justru akan membuat anak tidak nyaman saat harus melewati proses belajar secara daring tersebut.

“Harus ada kesadaran orangtua. Kalau dia cara mengajarnya galak, bisa jadi anak tidak nyaman. Orangtua harus paham apa kebutuhan anak, bacalah ekspresi wajah anak agar komunikasi efektif dan menyenangkan,” terang dia.

Mengenali kepribadian anak merupakan salah satu strategi untuk menciptakan pola komunikasi yang baik dan efektif. Jangan lupa, tanyakan kepada anak cara belajar yang dia inginkan. Dengan demikian, sang buah hati tetap merasa gembira selama menjalani kebijakan sekolah jarak jauh.

 

(Ageng/ANT)

Artikel Lainnya

PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya Jamin Air Bersih Cukup Hingga Kemarau

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya menjamin ketersediaan air bersih...

Waspada, Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Meningkat Drastis

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Kasus penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya kini sangat memprihatinkan. Pasalnya pada awal September ini sudah mencapai 72 kasus, dengan penambahan sebanyak 24 kasus.  Kepala...

Pilkada Pangandaran, ASN Diingatkan Tetap Netral

PANGANDARAN, FOKUSJabar.id: Menjelang Pilkada Pangandaran 2020, Pemkab Pangandaran mendeklarasikan gerakan netralitas ASN. Acara tersebut dirangkaikan dengan upacara Hari Kesadaran Nasional di Halaman Kantor Pemkab...

Bank bjb Bagikan Tandamata kepada Pemenang Penghargaan Nasabah Setia 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bank bjb mempersembahkan Tanda mata berupa hadiah-hadiah kepada para nasabah setia. Hadiah tersebut diberikan kepada pemenang Program Penghargaan Nasabah Setia 2020. Pemimpin Divisi Corporate...

Bank bjb Bagikan Tandamata kepada Pemenang Penghargaan Nasabah Setia 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bank bjb mempersembahkan Tanda mata berupa hadiah-hadiah kepada para nasabah setia. Hadiah tersebut diberikan kepada pemenang Program Penghargaan Nasabah Setia 2020. Pemimpin Divisi Corporate...

Epic Games Gratiskan Football Manager 2020, Gercep Download!

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Epic Games Store kembali membagikan game gratis mereka di seri terkenal atau dikenal sebagai kelas AAA. Kali ini, game yang dibagikan gratis adalah Football...

Bank Bjb Salurkan Bantuan Lewat Dana Desa

BEKASI,FOKUSJabar: Bank bjb salurakan bantuan untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19 ke sejumlah desa yang ada di Jabar melalui dana desa yang disalurkan dari...