spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Ada 8 Kluster Dominan Sumber Penularan Virus Corona

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan ada delapan kluster yang dominan menjadi sumber penularan virus Corona.

    Kluster itu, seperti pasar, pelelangan ikan hingga perkantoran, pesantrean, fasilitas kesehatan, seminar, pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan juga transmisi lokal.

    “Penyumbang kenaikan kasus di Indonesia adalah tempat berkurumun, seperti pasar dan tempat pelelangan ikan di mana masyarakat sering berkumpul. Fasilitas kesehatan perlu menjadi perhatian karena ini sumber penularan tinggi,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Senin (27/7/2020).

    BACA JUGA: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Tunggu Izin Komite Etik

    Pihaknya meminta jajaran di tingkat daerah, pemda dna masyarakat agar mengawasi penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona di delapan kluster itu. Jika timbul kasus positif di kluster terkait, Satgas di daerah perlu segera melacak kontak dekat kasus tersebut.

    “Kalau ada peningkatan kasus, berarti ada yang tidak sempurna pelaksanaannya, mohon petugas dikerahkan,” kata dia.

    Adapun hal penting yang perlu diterapkan masyarakat adalah mengutamakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak.

    “Memang tidak nyaman memakai masker, tapi itu sangat penting untuk kepentingan bersama,” kata Wiku.

    Saat ini, masyarakat harus memahami bahwa krisis kesehatan masih terjadi di Tanah Air. Selain upaya pemerintah, kata dia, masyarakat juga bisa bergotong royong menjaga sesama individu. Misalnya, masyarakat dapat saling mengingatkan satu sama lain mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

    Hingga Senin ini, kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia mencapai 100.303 kasus, 4.838 pasien  di antaranya meninggal dunia dan 58.173 pasien sembuh.

    (Olin/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img