spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Menaker Klaim Kedatangan TKA di Konawe Mampu Serap 5.000 Pekerja Lokal

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengklaim, kedatangan 500 tenaga kerja asing (TKA) ke Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, akan membantu penyerapan 5.000 tenaga kerja lokal.
    “Jadi TKA yang akan datang direncanakan masuk 500 orang. Dengan mereka bisa mengoperasikan perusahaan yang dibangun, maka akan bisa menyerap 5.000 tenaga kerja lokal. Jadi bukan 5.000 pekerja asing,” ujar Menaker Ida di sela-sela rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Jakarta, Rabu (8/7/2020).
    Menaker mengatakan sudah terdapat nota kesepahaman antara perusahaan yang berinvestasi dengan Pemerintah Kabupaten Konawe tentang perekrutan ribuan tenaga kerja lokal yang akan dilakukan secara bertahap.
    Jumlah 500 pekerja asing tersebut pun sudah dikoordinasikan dengan Forkopimda, pemerintah daerah di Sulawesi Tenggara dan kabupaten/kota.
    “Kita tentunya harus memastikan juga kesiapan dan kondisi daerahnya. Setelah semuanya siap, Rencana Penggunaan TKA (RPTKA) akan kita berikan. Sekali lagi kenapa diizinkan, karena ada komitmen untuk menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 5.000 pekerja,” tegas Ida.
    Di tengah dampak yang terjadi dalam sektor ketenagakerjaan karena pandemi Covid-19, Menaker mengharapkan penyerapan ribuan tenaga kerja itu menjadi salah satu solusi menyerap tenaga kerja lebih banyak.
    Menaker memastikan, para pekerja asing yang datang merupakan pekerja dengan keahlian tertentu yang dibutuhkan perusahaan dan akan berada di Indonesia dalam periode tertentu.
    Selain itu, dia juga mengingatkan para pekerja asing tersebut akan didampingi pekerja Indonesia untuk memastikan terjadi transfer pengetahuan dengan operasional akan dilakukan oleh tenaga kerja lokal ketika sudah menguasai teknologinya.
    (ars/ant)

    Berita Terbaru

    spot_img