spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Google Tambahkan Dinosaurus di Mesin Pencarian

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Google baru-baru ini menambahkan dinosaurus dalam pencarian berbasis augmented reality untuk pengalaman melihat makhluk purba tersebut dalam ukuran nyaris mirip aslinya.

    Saat mengetikan kata kunci ‘dinosaurus’ atau ‘dinosaur’ di mesin pencarian Google Search, maka akan muncul hasil pencarian yang disertai keterangan 3D (tiga dimensi) pertanda hewan tersebut bisa dilihat dengan teknologi AR lewat ponsel.

    Bekerjasama dengan film waralaba ‘Jurassic Word’, Google menambahkan sepuluh dinosaurus, yaitu Tyrannosaurus Rex, Velociraptor, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon dan Parasaurolophus.

    Dalam unggahan di blog resmi Google, Group Product Manager AR Experiences di Google Archana Kannan mengatakan bahwa mereka bermitra dengan Universal Brand Development, Amblin Entertainment dan Ludia untuk membuat dinosaurus ini.

    BACA JUGA: Google Photos Dirilis Pekan Depan

    Hewan purba ini dikembangkan berdasarkan game buatan Ludia, ‘Jurassic World Alive’ menggunakan teknik modeling 3D dan animasi.

    “Tidak hanya mencari lewat berbagai literatur, seniman kami juga bekerja bersama ahli paleontologi dan tim ‘Jurassic World’ untuk membuat aset ini seakurat dan senyata mungkin. Bahkan, sampai ke detail terkecil, seperti warna dan pola kulit yang tidak teratur, itu juga penting,” kata perwakilan dari Ludia, Camilo Sanin.

    Memuat dinosaurus semirip mungkin dengan ukuran aslinya tentu tidak mudah, tim Google, Ludia, Amblin dan Universal Brand Development merancang agar dinosaurus ini bisa dipasangi fitur skala otomatis, terutama di perangkat Android, agar ukuran hewan bisa disesuaikan dengan layar dan lingkungan sekitar yang dibidik lewat ponsel.

    (Nendy/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img