Minggu 20 September 2020

Dishub Kota Bandung: Ojol Bisa Angkut Penumpang, Ini Syaratnya

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mengizinkan Ojek Online (Ojol) kembali mengangkut penumpang mulai Selasa (9/6/ 2020) kemarin.

Kebijakan tersebut berlaku di tengah Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Proporsional di Kota Bandung.

Kabid Manajemen Transportasi dan Parkir (MTP) Dishub Kota Bandung, Khairul Rizal mengatakan, Ojol harus menerapkan protokol kesehatan seperti membawa hand sanitazer, memakai masker dan penumpang membawa helm sendiri.

“Betul (diperbolehkan angkut penumpang),” ujar Khairul Rizal, saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (10/6/2020).

BACA JUGA : Dishub Kota Bandung Antisipasi Penumpukan Kendaraan Saat Mall Dibuka

Menurutnya, kebijakan Ojol bisa mengangkut penumpang mengacu pada Peraturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) nomor 41 tahun 2020 yang dikeluarkan pada Senin 8 Juni 2020.

Dalam pasal 11 ayat C disebutkan, sepeda motor untuk melayani kepentingan masyarakat dan pribadi dapat mengangkut penumpang yang beraktivitas diperbolehkan dengan memenuhi protokol kesehatan.

Lebih lanjut Rizal mengatakan, ojol juga harus melakukan disinfeksi kendaraan sebelum dan sesudah digunakan, menggunakan sarung tangan dan masker dan tidak berkendara jika sedang sakit. Apabila melanggar ketentuan, maka bisa dikenakan peringatan tertulis, denda, pembekuan dan pencabutan izin.

“Kami masih mengacu kepada aturan Kemenhub,” katanya.

Pada surat edaran Kemenhub no 11 tahun 2020 tentang pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan transportasi darat pada masa adaptasi kebiasaan baru yang dikeluarkan Selasa 9 Juni 2020, disebutkan pada zona merah dengan risiko tinggi covid-19 maka perjalanan tidak diperbolehkan, zona orange risiko sedang perjalanan boleh dilaksanakan dengan protokol kesehatan termasuk di zona kuning dan hijau.

Aturan tersebut menjelaskan fase satu, dari 9 Juni hingga 30 Juni 2020 adalah pembatasan bersyarat, fase dua dari 1 Juli hingga 31 Juli masa pemulihan dimana penyebaran terkendali dan fase tiga new normal dari 1 Agustus hingga 31 Agustus.

Selain itu, penumpang disarankan membawa helm sendiri dan perusahaan aplikasi menyediakan penyekat antara pengendara dan penumpang.

Sedangkan Peraturan Wali Kota Bandung nomor 32 Tahun 2020 tentang PSBB proposional pelayanan perhubungan kegiatan yang dikecualikan pada masa PSBB hingga 12 Juni mendatang. Namun tidak dijelaskan secara detail terkait teknis pelaksanaanya dilapangan.

(Yusuf Mugni/Bam’s)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

1 Polwan Papua Meninggal Ditabrak Minibus

JAYAPURA,FOKUSJabar.id: Bripka Polwan Christin Batfeny, anggota Propam Polda Papua,...

Ingin Punya Wajah Glowing Bak Artis Korea, Coba 5 Makanan Ini!

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ingin memiliki wajah cantik dan glowing layaknya artis-artis Korea Selatan. Namun sebelum melakukan perawatan, banyak orang yang mengatakan memberikan nutrisi kulit dari dalam...

Yayasan Muslim Sinar Mas-JNE Ajak Masyarakat Wakaf Al Quran

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Yayasan Muslim Sinar Mas melalui Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan BenihBaik.com dan JNE mengajak masyarakat turut berbagi kebaikan melalui...

Hubungan Tak Direstui, Wanita Sumut Gosok Bendera dengan Sikat WC

MEDAN,FOKUSJabar.id: Rohmeini Purba (27) diamankan Tim Siber Dit Reskrimsus Polda Sumatera Utara, setelah videonya membakar dan menggosok bendera merah putih dengan sikat WC. serta...

4 Hari Berturut-turut Saham Prancis Untung

PARIS,FOKUSJabar.id: Saham-saham Prancis berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu (16/9/2020), mencatat keuntungan untuk hari keempat berturut-turut, dengan indeks acuan CAC 40 di Bursa Efek...

Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 Bisa Terkena Pidana

CIMAHI,FOKUSJabar.id: Tindakan tegas berupa ancaman pidana bagi para pelanggar protokol kesehatan Covid-19 selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kota Cimahi akan diterapkan. Kabid...

Tak Pakai Masker, Masyarakat Kota Banjar Lebih Takut Kena Razia

BANJAR,FOKUSJabar.id: Kesadaran masyarakat Kota Banjar akan kewajiban memakai masker saat keluar rumah ditengah pandemi Covid-19, dinilai masih rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat...