spot_img
Rabu 29 Mei 2024
spot_img
More

    81 Persen Warga Indonesia Ingin Akhiri PSBB

    SERANG, FOKUSJabar.co id: Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengatakan 81 persen masyarakat Indonesia ingin Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) segera diakhiri.

    “Ada 81 persen masyarakat kita ingin segera mengakhiri PSBB, tetapi tidak mungkin bisa PSBB dicabut apabila masyarakat masih belum patuh, sekali lagi, tingkat kepatuhan penting sekali,” kata Doni, Rabu (20/5/2020).

    Doni mengkhawatirkan bila ada warga daerah di kawasan episentrum Covid-19, kembali lagi ke Jakarta sebagai pembawa vrius.

    “Kami lapor ke Presiden, potensi ancaman berikutnya setelah Lebaran adalah kembalinya sebagian warga Jakarta dari kampung halaman yang sebelum diputuskan dilarang mudik, sudah telanjur kembali ke kampung halaman. Kami sudah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan,” ucap Doni.

    BACA JUGA: Wasekjen Demokrat Tanggapi #Indonesiaterserah

    Doni juga menyatakan ada 124 kabupaten/kota yang akan dilonggarkan aturannya karena di daerah itu tidak ada kasus positif Covid-19.

    “Undang-undang yang kita ikuti adalah UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, salah satu poinnya adalah PSBB. Jadi apabila PSBB dicabut tidak serta merta kita menjadi keluar dari situasi kedaruratan. Bila PSBB dicabut, bukan berarti kita tidak mengikuti UU Kekarantinaan Kesehatan, demikian juga tentang Keppres No 12 bencana nonalam statusnya adalah bencana nasional. Dua ini jadi pedoman kita dalam menyelenggarakan kegiatan ke depan,” kata Doni.

    (Agung/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img