spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Peneliti: Tanam Pohon Bisa Cegah Kematian Dini

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Lancet Planetary Health mendapati, menanam pohon dapat mencegah kematian dini.

    Jurnal tersebut menyatakan, daerah yang hijau memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental dan fisik, sehingga mengurangi risiko kematian prematur.

    “Meskipun setiap kota memiliki karakteristiknya sendiri, penelitian ini memberikan contoh untuk semua kota di dunia: banyak kehidupan dapat diselamatkan dengan meningkatkan pohon dan menghijaukan lingkungan perkotaan, bahkan pada tingkat yang sederhana,” terang koordinator penelitian Mark Nieuwenhuijsen, seperti dilansir CNN, Senin (4/5/2020).

    BACA JUGA: Menkeu: Kinerja Manufaktur Indonesia Terparah di Asia

    Studi dari Barcelona Institute for Global Health (ISGlobal) itu dilakukan dengan mempelajari tiga skenario berbeda di Philadelphia, Amerika Serikat. 

    Hasilnya, jika kota dapat meningkatkan ruang hijau sebesar 30 persen, maka dapat mencegah 403 kematian per tahun. Peningkatan ruang hijau sebesar lima persen dapat mengurangi 271 kematian dan 10 persen ruang hijau mengurangi sebesar 376 kematian.

    Upaya menanam pohon ini juga diperkirakan memberikan manfaat ekonomi US$4 miliar per tahun.

    Studi ini menemukan bahwa pohon memiliki pengaruh yang nyata terhadap kesehatan dibandingkan penghijauan lain seperti rumput.

    Pada tingkat individu, ruang hijau dapat membuat orang lebih mudah untuk berolahraga atau latihan fisik.

    Berada di ruang terbuka yang hijau juga mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

    Temuan menarik lainnya adalah ruang terbuka hijau dapat mengurangi kejahatan dan kekerasan bersenjata di Philadelphia, kota terbesar kelima di AS.

    “Satu hal yang kami tahu: Di daerah di mana orang berkumpul, ada lebih sedikit kekerasan senjata. Ada lebih banyak kohesi sosial, dan orang-orang mengaktifkan ruang publik,” kata peneliti Michelle Kondo.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img