spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    Ramadhan Sebagai Bulannya Alquran

    SYIAR ISLAM,FOKUSJabar.id : Bulan Ramadhan sangat identik dengan Alquran. Pada bulan suci ini, ummat muslim berlomba-lomba mengkhatamkan bacaan kitab sucinya. Ada yang mentargetkan tiga kali, dua kali, atau bahkan satu khatam. Di masa normal, bukan di era wabah Covid-19, masjid dan musholla kerap penuh dengan orang mengaji Alquran.

    Maraknya membaca Alquran memang dicontohkan oleh yang mulia Rasulullah SAW. Menurut hadist, pada bulan Ramadhan ini, Malaikat Jibril turun ke bumi untuk mengaji bersama rasulullah. Tempat mengajinya di Masjid Nabawi, kini menjadi tempat muadzin.

    Kekhususan Bulan Ramadhan sebagai bulan Alquran, tertuang dalam QS Al Baqarah 185 sebagaimana Allah berfirman, “Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran, petunjuk bagi manusia dan penjelasan dari petunjuk-petunjuk tersebut, dan sebagai pembeda,”

    BACA JUGA : Heboh! Arab Saudi Diguyur Hujan Salju

    Membaca Alquran di luar ramadhan memiliki banyak fadhilah atau kebaikan, apalagi bila membacanya pada Bulan Ramadhan, saat berpuasa. Berikut ini beberapa fadhilah membaca kitabullah di bulan suci maupun di bulan-bulan lainnya.

    1. Menjadi Manusia Terbaik

    Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya,” (HR Bukhari). Jadi, ajarkanlah Alquran pada keluarga kita, handai taulan, kerabat, dan sahabat apabila kita ingin menjadi sebaik-baiknya manusia.

    1. Mendapat Pahala Lebih Banyak di Setiap Huruf

    “Barang siapa yang membaca satu huruf dalam kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi). Apabila satu huruf saja diganjar dengan 10 kebaikan, maka membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala berlipat dari jumlah pahala yang terdapat di hadist tersebut.

    1. Diberi Syafaat oleh Alquran pada Hari Kiamat

    Pada hari kiamat, saat semua manusia membutuhkan penolong, Alquran akan datang memberikan syafaat kepada para pembacanya sebagaimana disampaikan Rasulullah SAW, “Bacalah al Qur’an maka ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi yang membacanya.” (HR. Muslim).

    1. Tempat di Surga sesuai bacaan Qurannya

    Dari Abdullah bin Amru bin Ash radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dikatakan kepada sahabat al Qur’an, ‘Bacalah dan mendakilah! Bacalah dengan tartil sebagaimana kamu membaca dengan tartil di dunia! Maka sesungguhnya tempatmu di akhir ayat yang kamu baca.’” (HR. Abu Dawud / 1300).

    1. Menjadi Bagian Keluarga Allah di Bumi

    Dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: telah bersabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam: “Sesungguhnya Allah Ta’ala memiliki keluarga di antara manusia.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, siapa mereka?” Beliau bersabda, “Mereka adalah ahlul Qur’an yang menjadi keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.” sungguh luar biasa pahala mengaji di bulan Ramadhan yakni ia dianggap oleh Allah sebagai hamba yang dekat pada-Nya.

    1. Pahala Memuliakan Orang Tua

    Tidak hanya para pembaca Alquran akan akan dimuliakan Allah tapi juga orang tuanya. Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca al Qur`an, mempelajarinya dan mengamalkannya, kelak pada hari kiamat dikenakan mahkota dari cahaya yang sinar kemilaunya seperti cahaya matahari. Dan bagi kedua orang tuanya masing-masing dikenakan untuknya dua pakaian kebesaran yang tak bisa dinilai dengan dunia. Maka kedua orangtuanya bertanya: ‘Karena apa kami diberi pakaian (kemuliaan) seperti ini?’ Maka dijawab: ‘Karena anak kalian berdua belajar dan menghafal Al Qur’an’.” (Mutafak Alaih)

    1. Pahala Hati yang Tenang

    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Dan tidaklah berkumpul sekelompok orang di rumah dari rumah Allah yang membaca kitabullah serta saling mempelajarinya di antara mereka, kecuali diturunkan atas mereka ketenangan dan dilimpahkan rahmat, dan dikelilingi malaikat serta Allah akan menyebut mereka di sisi-Nya.” (HR. Muslim / 2699). Rasulullah dan para sahabat selalu mengaji di bulan ramadhan sehingga mereka memiliki ketenangan hati.

    1. Tempatnya Bersama Malaikat di Surga

    Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Yang mahir membaca al Qur’an bersama malaikat yang terhormat, dan yang membaca al Qur’an sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari / 4937 dan Muslim / 798). Siapa saja yang mengaji di bulan ramadhan baik itu yang masih belajar, keduanya tetap mendapat pahala yang mulia sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadist tersebut.

    1. Menyempurnakan Ibadah Puasa

    Ibadah di bulan puasa tentu tidak hanya puasa, ada yang lain seperti sahur, shalat tarawih, mengaji, dan sebagainya yang masing masing bernilai pahala luar biasa. Mengaji akan menyempurnakan ibadah bulan puasa bagi orang tersebut serta memberikan rasa keindahan dan ketentraman hati karena bisa mempelajari apa yang telah Allah sampaikan dan mengambil maknanya.

    Semoga kita bisa semakin bersemangat membaca Alquran di Bulan Ramadhan ini sehingga bisa menghiasi hari-hari dan malam-malam dengan beragam ibadah. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah motivasi para pembaca untuk membaca Alquran. Wallahu a’lam

    (refa riana)

    Berita Terbaru

    spot_img