spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Ditengah Covid-19 Ratusan Ribu Warga Jabar Pulang Kampung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ditengah wabah Covid-19 yang terus berkembang, tidak menghambat masyarakat yang ingin melakukan mudik sebelum tiba hari Raya Idul Fitri pada Mei mendatang.

    Pasalnya, saat ini sebanyak 200 ribu pemudik yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) telah pulang kampung ke rumahnya masing-masing di wilayah Jawa Barat.

    Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) Hery Antasari usai menghadiri acara undangan Tactical Floor Game perihal Pebatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka Jawa Barat Rabu (08/04/2020).

    Menurutnya, jumlah tersebut merupakan yang terdata dan belum ditambahkan dengan pemudik yang belum terdata.

    “Untuk data belum kita lakukan secara intens, walau begitu belum kita mulai saja sudah masuk data-data dari daerah karena total yang masuk hampir 200 ribu (pemudik). Saya belum bisa membandingkan tapi yang sudah ke Kuningan kan ada puluhan ribu kemudian Tasikmalaya ada dan kemarin saya dapat laporan dari Kadishub Majalengka juga yang terorganisir ada tiga ribu orang, tapi di luar itu belum terdata,” katanya.

    Baca Juga: Bos Twitter Sumbang 16 Trilyun untuk Lawan Corona

    Hery mengatakan, pihaknya belum melakukan operasi angkutan lebaran sehingga jika sudah beroperasi maka akan segera melakukan pendataan.

    Lebih lanjut Hery mengatakan, data berasal dari kabupaten dan kota di Jabar yang dikumpulkan. Untuk kedepan pihaknya akan bergerak cepat untuk mengantisipasi pemudik lebih banyak yang pulang kampung.

    Dan seluruh pemudik mayoritas berasal dari Jabodetabek yang merupakan episentrum covid-19.

    Saat ini pihaknya terus menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 pada tiap-tiap terminal yang ada.

    Selain itu seluruh PO sudah dikumpulkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan membersihkan bus serta memantau kesehatan karyawan.

    “Menurut informasi dari temen-teman baik dari PO dan asosiasi juga, saat ini secara alamiah sudah menurun jauh (angkutan) tanpa ada pembatasan penumpangnya kan sudah berkurang 70 persen. Jadi kita belum ada pembatasan (PSBB) pun sudah dibatasi secara alami,” jelasnya.

    Menurutnya, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk sektor transportasi baik berskala parsial atau total bisa dilakukan jika kondisi dan persyaratan PSBB terpenuhi.

    Namun sejauh ini kebijakan PSBB belum dikeluarkan di Jabar. Ia juga menambahkan pihaknya sudah menyiapkan strategi jika PSBB diberlakukan termasuk pembatasan yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

    “Namun jika PSBB dilakukan untuk sektor pangan tetap bisa melintas,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/DH)**

    Berita Terbaru

    spot_img