spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Tolak Corona, Wali Kota Solo Gunduli Rambut

    SOLO, FOKUSJabar.id: Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan wakilnya Achmad Purnomo serta pejabat dari tingkat Kepala Dinas hingga Camat di Solo menggelar potong rambut untuk menolak bala. Di antaranya, wabah corona yang kian meluas di Indonesia.

    Dalam tradisi jawa, menggunduli rambut menjadi simbol membuang kesialan.

    Aksi potong gundul ini dilakukan usai rapat koordinasi bersama sejumlah kepala dinas dan direksi RSUD Bung Karno Surakarta yang dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota Solo, Rabu (25/3/2020) sore.

    “Semua pejabat yang laki-laki saya minta ikut cukur gundul ini. Kalau orang jawa bilang tolak bala,” kata Rudy, seperti dilansir CNN.

    Baca Juga: Pemkot Banjar Siapkan 6 Ruang Isolasi di RS Asih Husada Langensari

    Rudy menerangkan kepala yang gundul juga berarti menghilangkan pikiran kotor dari kepala para pejabat yang menangani wabah Covid-19 di Solo.

    “Namanya ikhtiar, berbagai hal kita lakukan. Orang boleh percaya boleh tidak. Saya sendiri juga punya tuhan kok,” kata dia.

    Sementara itu, Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo mengaku baru kali ini seumur hidup memotong habis rambutnya, setelah sebelumnya ia pernah lakukan saat ibadah haji.

    “Seumur hidup baru satu kali ini saya cukur gundul kecuali waktu tahallul,” katanya.

    Selain dari eksekutif, beberapa orang dari Fraksi PDIP PDIP Solo juga mengikuti aksi tersebut.

    Berbagai upaya penanganan wabah Covid-19 telah dilakukan Pemkot Solo. Sejak dinyatakan KLB pada 13 Maret, Pemkot langsung membatalkan semua agenda kegiatan Pemkot yang melibatkan orang banyak,

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img