BANDUNG, FOKUSJabar.id: Ramaikan momen Pekan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Nasional, bank bjb menggelar sosialisasi.
Sosialisasi QRIS dilaksanakan di Kantor Pusat bank bjb, Jalan Naripan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/3/2020).
Ini dilakukan untuk mendorong upaya penetrasi penerapan teknologi transaksi QRIS yang dimiliki bank bjb kepada karyawan dan nasabah.
Sosialisasi dikemas dalam bentuk talkshow untuk mengupas teknologi QRIS dari berbagai sisi di hadapan lebih dari 100 peserta.
Hadir dalam acara itu Kepala Grup Advisory dan Penembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Jabar Pribadi Santoso dan Direktur Informasi Teknologi, Treasury dan Internasional Banking bank bjb Rio Lanasier.
Rio mengatakan bahwa pemahaman yang memadai tentang teknologi QRIS ini penting agar kelebihan teknologi alat bayar itu bisa terbentuk.
Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui cara mengoperasikan QRIS serta memanfaatkannya untuk keperluan transaksi.
“Penerapan teknologi QRIS ini sebuah keniscayaan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin menuntut kemudahan,” kata Rio seusai acara.
Sebagai alat transaksi yang terintegrasi secara nasional, kata dia, QRIS menawarkan pengalaman bertransaksi dengan jaminan kemanan dan kenyamanan kepada pengguna.
“Perangkat hasil inovasi ini dikembangkan untuk memudahkan dan memperluas manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Bank bjb pun turut serta terlibat aktif dalam mempermudah aksesibilitas terhadap fasilitas keuangan agar bisa mengambil manfaat lebih optimal dari produk dan layanan bank bjb,” kata dia.
Untuk diketahui, QRIS adalah fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel dan sangat mudah digunakan.
“Hanya dengan menggunduh melalui aplikasi yang sudah terstandarisasi. QRIS satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembanhkan BI serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) beberapa waktu lalu, untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas serta mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional,” kata Rio.
Sebagai pionir dalam berinovasi, bank bjb telah mengadopsi layanan QRIS yang hingga saat ini terus dikembangkan agar bisa dimanfaatkan secara lebih optimal.
Layanan QRIS bank bjb merupakan transaksi pembayaran pada merchant dengan mekanisme pembayaran menggunakan QR Code serta menggunakan sumber dana uang elektronik berbasis server seperti OVO, GOPAY, ShopeePay, dan lainnya.
Selaras dengan itu, bank bjb juga terus mengembangkan digi Cash milik perseroan yang dipersembahkan bagi nasabah. digi Cash merupakan layanan yang bisa digunakan oleh nasabah maupun non nasabah bank bjb dengan memanfaatkan teknologi berbasis mobile application dengan fungsi multiguna.
Perangkat bayar digital ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti isi ulang saldo, pengecekan saldo, transfer ke sesama pengguna dan ke rekening bank bjb, pembayaran PBB dan E-Samsat Jabar, pembelanjaan di merchant dengan menggunakan layanan QRIS, serta fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan tanpa harus melakukan pembukaan rekening bank bjb.
“Ini wujud dari upaya implementasi bjb Digital Payment demi memberikan pengalaman transaksi yang lebih mudah dan memuaskan,” kata dia.
(LIN)