spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Sempurna, Bandung bjb Tandamata Tuntaskan Misi Sapu Bersih di Kandang

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Tim Bandung bjb Tandamata menuntaskan ambisinya melakukan sapu bersih laga pada seri dua putaran dua Proliga 2020 di GOR CTra Arena, Jalan Cikutra Kota Bandung. Pada laga terakhir, Minggu (8/3/2020), srikandi Bandung bjb Tandamata melumat Jakarta BNI 46.

    Tim besutan Risco Herlambang ini mencatatkan hasil sempurna di seri dua putaran dua Proliga 2020 usai menekuk tim putri Jakarta BNI 46 dengan kemenangan telak 3-0 (25-17, 25-18, 25-9). Sebelumnya, Bandung bjb Tandamata pun meraih kemenangan telak 3-0 atas Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim dengan skor telak 25-10, 25-15, dan 25-11 pada Jumat (6/3/2020).

    Mendapat dukungan dari pendukunnya yang memenuhi tribun penonton GOR CTra Arena, Aprilia Manganang dkk tampil trengginas dan luar biasa. Hampir tidak ada kesalahan yang dilakukan Bandung bjb Tandamata yang menurunkan Komang Bumi Rekta, Aprilia Manganang, Nikoleta Perovic, Dayse Figueiredo, Yolla Yuliana, Putri Andya, serta libero Berllian Marsheila sebagai starter.

    Sebaliknya, Jakarta BNI 46 yang mengandalkan Megawati Hangesti, Netty Dyah, Hany Budiarti, pemain asing anyar Caroline Frances Livingston, dan setter asal China, Wang Chen tidak mampu mengembangkan permainanya. Hampir sepanjang jalannya laga, tim asuhan Walfridus Wahyu ini terus mendapat tekanan.

    Spike keras Aprilia Manganang, Nikoleta Perovic, maupun quick spike Yolla Yuliana dan Putri Andya kerap mendulang poin demi poin meski beberapa kali mampu diantisipasi libero Jakarta BNI 46, Eris Septia. Serangan Jakarta BNI 46 pun kerap menemui tembok kokoh blok pemain Bandung bjb Tandamata serta antisipasi yang apik dari libero Berllian Marsheila.

    Perolehan poin Bandung bjb Tandamata pun melesat. Selisih raihan poin Bandung bjb Tandamata dengan Jakarta BNI 46 pun cukup jauh hingga 10 sampai 15 poin. Set pertama pun ditutup Bandung bjb Tandamata dengan skor 25-17.

    Di dua set berikutnya, penampilan Aprilia Manganang cs semakin apik dan solid. Tampil disaksikan jajaran direksi bank bjb, beserta Gubernur Jabar Ridwan Kamil serta Kapolda Jabar Irjen Pol Rudi Sufahriadi yang juga menjabat sebagai Ketua Pengprov PBVSI Jabar, semangat Aprilia Manganang cs pun berlipat.

    Sebaliknya, Megawati Hangesti dan kolega justru makin tertekan. Receive yang jelek, service tak masuk, serta beberapa kesalahan elementer pun dilakukan anak asuhan Walfridus Wahyu. Alhasil, dua set berikutnya kembali diraih Bandung bjb Tandamata dengan skor 25-18 dan 25-9 sekaligus menyegel kemenangan dengan skor akhir 3-0.

    “Penampilan (Jakarta) BNI 46 malam ini tak jauh berbeda dengan kita di putaran satu lalu. Tapi kehadiran Dayse dan Berllian mampu menutupi kelemahan kita di sisi receive dan defend,” ujar Pelatih Bandung bjb Tandamata, Risco Herlambang usai laga, Minggu (8/3/2020) malam.

    Risco mengaku jika penampilan timnya semakin padu dan solid. Dirinya berharap, kekompakan tim terus mengalami peningkatan hingga partai puncak Proliga 2020.

    “Saya hanya ingin performa tim terus meningkat. Untuk juara putaran II, kita tidak terlalu memikirkan itu. Target saya ingin membawa tim ini jadi finalis Proliga 2020 dan juara. Salah satu evaluasi saya dan akan terus diperbaiki yakni bagaimana mengoptimalkan bola-bola cepat atau quicker kita sehingga tidak terlalu tergantung pada bola-bola open melalui April atau Nikoleta. Di laga tadi sudah muncul, tapi belum maksimal,” tegasnya.

    Pemain Bandung bjb Tandamata merayakan kemenangan atas Jakarta BNI 46 dengan skor 3-0 di GOR Ctra Arena, Jalan Cikutra Kota Bandung, Minggu (8/3/2020) malam. (FOTO: Istimewa)

    Sementara Pelatih Jakarta BNI 46, Walfridus Wahyu mengaku kecewa dengan hasil ini. Anak asuhnya tidak tampil dalam performa terbail mereka.

    “Ini penyakit lama yang terulang kembali. Anak-anak sudah tertekan dari awal set pada laga melawan (Bandung) bjb Tandamata. Jadi nggak bisa kontrol,” ujar Wahyu.

    Akibat tertekan, lanjutnya, permainan anak asuhnya tidak bisa berkembang. Bahkan kesalahan sendiri pun sering dilakukan para pemainnya seperti receive yang jelek maupun service yang tidak baik.

    “Fokus mereka hilang, akurasi pukulan berkurang. Kedepannya, kami akan berusaha memperbaiki kekurangan tim. Kalau mereka bisa bermain lebih tenang, kita yakin permainan tadi tidak seperti itu,” pungkasnya.

    Dengan dua kemenangan di seri dua, Bandung bjb Tandamata menjadi tim yang belum terkalahkan dan kehilangan satu set di putara dua Proliga 2020. Di seri perdana, Bandung bjb Tandamata membungkam Jakarta PGN Popsivo Polwan di GOR Tri Dharma Gresik dengan skor telak 3-0.

    Dengan hasil tiga kemenangan 3-0, Bandung bjb Tandamata pun berpeluang besar meraih gelar juara putaran II Proliga 2010. Batu sandungan terakhir yang harua dihadapi Bandung bjb Tandamata untuk menuntaskan misi juara putaran II Proliga yakni mengalahkan Jakarta Pertamina Energi pada seri tiga putaran dua do GOR UNY Jogjakarta.

    Di papan klasemen Proliga 2010, Bandung bjb Tandamata menghuni peringkat dua dengan poin 15 dari hasil lima kemenangan dan dua kekalahan. Pemuncak klasemen Proliga 2020 di kelompok putri masih dotempati Jakarta Pertamina Energi yan mengoleksi 18 poin.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img