spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Soal Penghentian Visa Umroh, Kemenag Jabar Tunggu Instruksi Pusat

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat masih menunggu instruksi Kementrian Agama RI, menyusul penghentian visa umroh oleh pemerintah Arab Saudi.

    Sebagaimana diketahui, Arab Saudi secara resmi mengumumkan penghentian visa umroh beberapa negara, termasuk Indonesia, sebagai antisipasi wabah virus Corona.

    Plt Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Handiman Romdoni mengatakan, pihaknya baru menerima informasi penghentian visa umroh oleh pemerintah Arab Saudi, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

    “Saat ini kami baru menerima rilis via What’sApp (WA) yang menginformasikan memang benar mulai hari ini Saudi Arabia menghentikan sementara visa untuk umroh. Sampai kapan kita tidak tahu,”jelasnya di sela kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di lingkungan Kemenag Jawa Barat, di Graha Batu Nunggal Kota Bandung, Kamis, (27/2/2020).

    Ditambahkan Romdoni, hingga saat ini belum ada petunjuk yang pasti dari Kemenag pusat. Ia berharap travel umroh maupun agen perjalanan penyelenggara ibadah umroh.

    “Saya mengimbau kepada semua travel dan agen perjalanan supaya berkoordinasi dengan Kemenag setempat, untuk mencari informasi yang lebih detail. Karena sampai saat ini kita belum menerima rilis resmi dan petunjuk dari pusat,”ucapnya.

    Romdoni juga meminta agar masyarakat yang akan berangkat umroh untuk tenang. Jawa Barat sendiri ungkapnya, merupakan tertinggi pemberangkatan ibadah umroh.

    Sementara saat dihubungi melalui telepon, Direktur Utama perjalanan umroh dan haji Qiblat Tour Wawan menuturkan, saat ini pihaknya tengah berkomunikasi dengan otoritas penerbangan dan pihak kedutaan, terkait penangguhan visa ini.

    “Saya menuju ke Jakarta, guna membahas perihal tersebut. Terkait penangguhan visa itu memang benar menjadi keputusan pihak kerajaan Arab Saudi,”ungkapnya.

    Ia menambahkan, yang saat ini menjadi fokus travel yakni bagaimana memberikan penjelasan detail kepada jamaah.

    “Kami fokus menjelaskan ke jamaah umroh, tentang jika visa sudah dipegang terus tidak boleh berangkat. Itu menjadi tanggung jawab siapa, kami yang penting menenangkan dulu jamaah,” tandasnya.

    (Asep/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img