spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Bandung bjb Tandamata Siap Balas Kekalahan Atas Jakarta PGN Popsivo Polwan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tim bola voli putri Bandung bjb Tandamata siap membalas kekalahan atas tim putri Jakarta PGN Popsivo Polwan saat keduanya bersua pada lanjutan laga kompetisi Proliga 2020. Tim Bandung bjb Tandamata akan menantang Jakarta PGN Popsivo Polwan pada hari kedua seri 1 putaran II Proliga 2020 di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timut, Sabtu (29/2/2020) mulai pukul 18.00 WIB.

    Pertemuan pertama kedua tim di kompetisi Proliga 2020, terjadi pada seri ketiga putaran pertama Proliga 2020 di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (9/2/2020). Pada laga tersebut, Jakarta PGN Popsivo Polwan berhasil mengalahkan Bandung bjb Tandamata dengan skor 3-1 (25-22, 22-25, 20-25 dan 26-28).

    “Pada putaran I saat menghadapi Popsivo, seharusnya kita bisa memenangkan pertandingan. Setelah unggul di set pertama dan memimpin dalam perolehan poin di set-set berikutnya, para pemain justru bermain terlalu tergesa-gesa sehingga banyak kesalahan sendiri yang dilakukan. Ditambah kendala non teknis yang dihadapi pemain asing kita Nikoleta Perovic,” ujar Pelatih tim putri Bandung bjb Tandamata, Risco Herlambang saat dihubungi melalui telepon selularnya, Kamis (27/2/2020).

    Kehadiran dua penggawa baru Bandung bjb Tandamata di putaran II Proliga 2020, Dayse Cristine de Oliveira Figueired dan Berlian Marsheilla, diyakini mampu menambal kelemahan dan kekurangan tim di putaran I lalu. Bahkan penggawa asing asal Brasil, Dayse yang masuk menggantikan Rosir Calderon Diaz sudah siap bermain bersama Aprilia Manganang cs.

    “Semua persyaratan Dayse sudah selesai. Kemarin malam, dia baru tiba di Gresik dan bergabung bersama tim setelah menyelesaikan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) dan International Transfer Certficate (ITC) di Singapura. Jadi Dayse sudah bisa kita turunkan di laga pertama kita di putaran II,” terang Risco.

    Kelemahan dan kekurangan tim di putaran I Proliga 2020, diakui Risco, sudah bisa ditutupi dengan kehadiran dua penggawa baru. Meski berposisi sebagai oposite hitter, Dayse pun memiliki kemampuan receive (bola pertama) dan block yang cukup bagus. Ditambah dengan kehadiran Berlian Marsheilla yang merupakan salah satu libero terbaik di kancah perbolavolian di Indonesia.

    “Kelemahan dan kekurangan utama kita di putaran pertama lalu yakni di receive atau bola pertama, dan itu bisa tertutupi dengan hadirnya Dayse dan Berlian. Kita pun punya keyakinan bisa membalas kekalahan atas PGN Popsivo Polwan nanti,” tuturnya.

    Kemenangan atas Jakarta PGN Popsivo Polwan, diakui Risco, akan menjadi kemenangan penting bagi Aprilia Manganang cs. Kemenangan tersebut bisa menjadi pendongkrak motivasi tim dan kepercayaan diri pemain sekaligus modal awal untuk merebut satu tiket ke babak final four Proliga 2020.

    “Kalau dilihat dari komposisi pemain, PGN Popsivo Polwan tidak ada perubahan komposisi. Jadi kemungkinan besar, permainan mereka tidak akan jauh dari putaran pertama. Tinggal bagaimana setter kita yakni Tiara (Tri Retno Mutiara) dan Komang (Bumi Rekta) mengatur strategi serangan. Kalau kondisi tim bagus dan semua pemain sudah siap tempur,” tegasnya.

    Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty menuturkan, seri perdana putaran kedua merupakan batas akhir perubahan/pergantian komposisi pemain di tim peserta Proliga 2020. Tim yang belum memiliki pemain asing wajib menyertakan pemain impor di putaran kedua hingga akhir Proliga 2020. Tim yang akan mengganti pemain asing, hanya diperbolehkan mengganti satu pemain asingnya.

    Sedangkan untuk pemain lokal, setiap tim hanya boleh mengganti dua pemain. Jika tidak mengganti pemain asing, tim tersebut diperbolehkan mengganti tiga pemain lokal mereka.

    “Di putaran kedua hingga final, tidak ada lagi pergantian pemain. Kalau pelatih silakan saja. Itupun tidak diperbolehkan pelatih dari tim yang menjadi peserta pindah ke tim lainnya,” ujar Hanny melalui rilis yang diterima, Kamis (27/2/2020).

    Pemain asing yang diturunkan dalam kompetisi, lanjut Hanny, wajib memiliki Kitas (Kartu Ijin Tinggal Terbatas) yang dikeluarkan Dirjen Imigrasi RI dan ITC (International Transfer Certificate) yang dikeluarkan FIVB.

    “Tanpa Kitas dan ITC, pemain asing tidak diperkenankan tampil. Kalau pelatih asing hanya perlu Kitas,” pungkasnya.

    Seri perdana putaran II Proliga 2020 akan digelar di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, mulai Jumat (28/2/2020) besok hingga Minggu (1/3/2020). Laga pertama akan mempertemukan tuan rumah tim putri Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim kontra Jakarta Pertamina Energi pada Jumat (28/2/2020) mulai pukul 16.00 WIB.

    Seluruh pertandingan Proliga 2020 akan disiarkan secara langsung di iNews TV dan live streaming youtube di channel pbvsi_official. Informasi pertandingan bisa dilihat di instagram @proliga_official, twitter @VoliProliga, facebook @pbvsiofficial, dan website www.voliindonesia.org.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img