Senin 21 September 2020

Gelar Kejuaraan Pencak Silat Pelajar, USB YPKP Siapkan Beasiswa 500 Juta

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Universitas Sangga Buana (USB) YPKP menggelar Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Pelajar di GSG USB YPKP, Jalan PH. H. Mustofa, Kota Bandung, Jawa Barat, mulai Kamis (13/2/2020) hingga Sabtu (15/2/2020). Kejuaraan yang memperebutkan piala tetap kejuaraan, Piala Bergilir Wali Kota Bandung serta beasiswa setotal Rp500 juta diikuti 339 atlet silat.

Rektor USB YPKP, Asep Effendi menuturkan, kejuaraan menjadi upaya pihaknya ikut melestarikan budaya Indonesia. Selain itu, kejuaraan diharapkan bisa ikut mengantarkan pencak silat ke level dunia.

“Pencak silat ini kan sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dunia asal Indonesia, sehingga kejuaraan ini menjadi salah satu upaya kita melestarikan pencak silat. Dari sisi prestasi pun tidak kita kesampingkan sehingga kejuaraan ini pun cukup kompetitif,” ujar Asep saat ditemui di sela-sela kejuaraan, Kamis (13/2/2020).

Kejuaraan bertajuk Fourteenagers Open Championship 2020 merupakan kolaborasi Ikatan Alumni SMPN 14 Bandung angkatan 1994, Universitas Sangga Buana, dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bandung. Kejuaraan diikuti 43 kontingen dari berbagai perguruan silat, SD, SMP, dan SMA di wilayan Kota Bandung dan sekitarnya.

“Antusiasme untuk mengikuti kejuaraan ini cukup besar. Dari 339 atlet yang ikut serta, terdiri dari 216 atlet putra dan 123 atlet putri mulai SD sampai SMA,” tambahnya.

Asep yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni SMPN 14 Bandung menambahkan, kejuaraan mempertandingkan total 45 kelas. Dengan rincian, 15 kelas usia dini (kelas 4 sampai 6 SD), 11 kelas praremaja (SMP sederajat), dan 19 kelas remaja (SMA/SMK).

“Nomor yang dipertandingkan hanya nomor tanding dengan sistem prestasi,” tegasnya.

Setiap juara hingga peringkat ketiga di masing-masing kelompok usia, lanjutnya, akan mendapatkan penghargaan. Juara umum kejuaraan merupakan kontingen dengan koleksi medali emas terbanyak dan berhak atas Piala Bergilir Wali Kota Bandung.

Selain medali, sertifikat, dan trofi, pihak panitia pun menyiapkan 10 beasiswa dengan total nilai mencapai Rp500 juta untuk menempuh pendidikan di Universitas Sangga Buana.

“Prestasi atlet harus seimbang antara di olahraga maupun akademik. Kami berharap banyak atlet dengan prestasi tingkat dunia dari Jabar, khususnya Kota Bandung, dengan gelar master atau pascasarjana. Karena itu kita siapkan beasiswa dengan total Rp500 juta. Atlet berprestasi tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis dari masuk sampai lulus. Semoga ini menjadi kejuaraan rutin dan masuk kalender IPSI Kota Bandung,” pungkasnya.

Kejuaraan dibuka secara resmi Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersama Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, Ketua KONI Kota Bandung Nuryadi, Kepala Dispora Kota Bandung Eddy Marwoto, dan Ketua IPSI Kota Bandung Cece Muharam.

“Kejuaraan silat tidak sekadar mencari yang terbaik, tapi menjadi arena pembinaan fisik, mental, serta pelestarian seni budaya. Semoga kejuaraan ini menjadi sarana pembinaan dan memperluas jalan menuju prestasi internasional,” ujar Yana.

(Ageng)

 

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Bandung United Mulai Persiapan Hadapi Liga 3 2020

CIMAHI,FOKUSJabar.id: Tim Sepakbola Bandung United mulai menyiapkan diri menghadapi...

KPK Periksa 4 Orang Saksi Kasus Suap MA

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Plt Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri mengatakan, penyidik telah mengonfirmasi saksi Nurfaizah dari unsur swasta terkait kepemilikan mobil milik...

PM Israel Tak Pernah Ada Niat Damai dengan Palestina

ISRAEL,FOKUSJabar.id: Pemimpin oposisi pemerintah Israel, Yair Lapid mengatakan PM Israel Benjamin Netanyahu tidak pernah berniat membahas perdamaian dengan Palestina. Hal itu disampaikan Lapid jelang penandatanganan...

Kota Bandung Menerima Dampak dari PSBB Jakarta

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menyebut pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta berdampak kepada perekonomian Kota Bandung. Saat ini, tim...

Epic Games Gratiskan Football Manager 2020, Gercep Download!

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Epic Games Store kembali membagikan game gratis mereka di seri terkenal atau dikenal sebagai kelas AAA. Kali ini, game yang dibagikan gratis adalah Football...

25 Hari Melatih, Laszlo Boloni Dipecat

JAKARTA,FOKUSJabar.id: 25 hari melatih atau jelang laga kualifikasi Liga Champions versus Rapid Vienna Austria, klub Liga Belgia AA Ghent memecat pelatih Laszlo Boloni, Senin...

Polda Aceh Tetapkan Manajer PT KAI Tersangka Serifikat Tanah

BANDA ACEH,FOKUSJabar.id: Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus menetapkan Manajer Aset PT Kereta Api Indonesia (KAI) berinisial...