spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Lima Tim Cabor Petanque Terbentuk Di Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Ciamis  Iwa mengatakan, meski baru dua bulan Cabang Olahraga Petanque terbentuk dan disosialisasikan di Kabupaten Ciamis sudah mulai menarik minat masyarakat dan saat ini sudah tercatat lima tim Petanque.

    Kelima tim tersebut yakni SMK 1 Ciamis, MAN 2 Ciamis, SMA Informatika, SMAN 1 Kawali Ciamis dan masyarakat seperti club Naga Wiru.

    “Pertama kita mengetahui Cabor Petanque ini saat Seagame dan di tingkat Nasional dipertandingkan sehingga kita mencari informasi dan dipertemukan dengan Ketua Peranque Provinsi, lalu kita lakukan seosialisasi di KONI Ciamis,” ucapnya saat melakukan sosialisasi Cabor Petanque bersama Dandim 0613 Ciamis dan Jajaran SKPD beserta tamu undangan di halaman KONI Ciamis.

    Iwa menuturkan, pada bulan Februari pengurus Cabor FOPI akan dilantik, kedepananya sosialsasi akan menyentuh sekolah-sekolah, selanjutnya pada akhir maret pihaknya akan melakukan kejuaraan tingkat Kabupaten sebagai langkah sosialisasi.

    Sementara itu Ketua Club Petanque Naga Wiru Dian Ghozin mengaku Cabor Petanque adalah olahraga yang tidak memerlukan biaya yang besar, tekhnisnya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu. Kaki pelempar yang berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan, harus melempar bola dengan jarak 6 meter hingga 10 meter.

    Petanque dimainkan di tanah lapang atau tanah keras yang berukuran 4×15 meter. Secara teknis, olahraga tersebut lebih mengedepankan akurasi, strategi dan feeling dari para pemainnya.

    Biasanya, petanque dimainkan selama beberapa jam. Pemenang adalah tim yang paling banyak mencetak skor. Skor ditentukan melalui berapa banyak bola besi yang dilemparkan yang posisinya berdekatan dengan bola kayu.

    (fansyah/dar )

    Berita Terbaru

    spot_img