spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Virus Corona Ganggu Produksi iPhone

    BANDUNG, FOKUSJabar.id:  Virus Corona yang melanda Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China menganggu  produksi iPhone. Sebab,  hampir seluruh iPhone yang didistribusikan di seluruh dunia dibuat oleh Hon Hai Precision Industry Co, Ltd atau Foxconn yang berada di Kota Zhengzhou, China.

    Kota Zhengzhou yang diketahui sebagai Kota iPhone yang berjarak kurang lebih sekitar 500 kilometer dari Kota Wuhan, yakni pusat penyebaran virus Corona yang mana telah merenggut lebih dari 100 korban jiwa.

    Dilansir dari Bloomberg, karyawan Foxconn hingga saat ini belum kembali lakukan aktifitas produksi industri pasca liburan Tahun Baru China, dikarenakan perusahaan beri pengumuman agar libur lebih lama guna pencegahan penularan Virus Corona

    Pada kondisi tersebut, otoritas China telah berlakukan pembatasan perjalanan serta lakukan karantina kepada seluruh penduduk di kota Wuhan yang mencapai 11 juta jiwa.

    Apple memiliki kurang lebih 10 ribu karyawan di China yang tersebar di seluruh entitas ritel dan perusahaan, sedangkan Pekerja yang memproduksi iPad, iPhone, dan Apple Watch mencapai jutaan orang.

    “Gangguan rantai pasokan adalah kekhawatiran jika karyawan di seluruh Foxconn dan hub manufaktur komponen lainnya di China dibatasi,” kata analis Dan Ives dari Wedbush Securities Inc, dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (29/1/20).

    “Jika wabah China menjadi lebih menyebar, itu dapat berdampak negatif pada rantai pasokan dan membuat investor utama khawatir,” ujarnya

    Apple memprediksi dampak lalu lintas pemasok dan ritel yang terganggu akibat virus Corona sekitar US$63-67 miliar.

    Perkiraan tersebut lebih tinggi dari analis yang memperkirakan sebesar US$62,4 miliar.

    Saat ini, Foxconn tengah memantau situasi dan mengikuti aturan kesehatan yang diintruksikan oleh pemerintah China, Meski demikian, mereka tetap memastikan akan melaksanakan kegiatan produksinya.

    “Kami dapat mengkonfirmasi bahwa kami memiliki langkah-langkah untuk memastikan bahwa kami dapat terus memenuhi semua kewajiban manufaktur global,” kata juru bicara Apple.

    (Candra/dar)

    Berita Terbaru

    spot_img