spot_img
Senin 8 Juli 2024
spot_img
More

    Terowongan Nanjung Dinilai Sukses Atasi Banjir Bandung Selatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Terowongan Nanjung, Margaasih Kabupaten Bandung dinilai sukses mengendalikan banjir di daerah Bandung selatan. Terbukti, kawasan langganan banjir di daerah Bandung selatan ini aman dari banjir meski hujan deras mengguyur dalam beberapa hari terakhir.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, saat rapat bersama presiden Joko Widodo di Istana juga dibahas terkait Citarum selain pembahasan Banjir DKI Jakarta dan Jawa Barat. Menurut Emil (panggilan Ridwan Kamil), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam rapat tersebut menunjukan efektifitas keberadaan Terowongan Nanjung kepada Presiden.

    “Di fotonya ditunjukan pada kejadian yang suka banjir (curah hujan) kurang dari 300 mm sudah berperahu, kemarin mendekati 350 mm surut. Itu menandakan terowongan itu berfungsi,” kata Emil, Jumat (10/1/2020).

    Baca Juga: Karantina Wilayah, Pemkot Bandung Perkuat Kampung Tangguh

    Emil menjelaskan, intensitas tinggi tapi tidak menyebabkan banjir di daerah langganan banjir menjadi keberhasilan tersebutdiri. Dengan kesuskesan tersebut, Presiden Joko Widodo akan meresmikan dan meninjau secara langsung Terowongan Nanjung.

    “Hujannya kan sama tapi hebohnya tak terjadi di tempat yang rutin. Kemungkinan Pak Presiden akan datang meresmikan terowongan Nanjung terkait Citarum dan akan dijadikan referensi contoh,” tuturnya.

    (AS/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img