spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Hajat Lembur, PDIP Jabar Inisiasi Leuweung Padjadjaran

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menggelar ‘Hajat Lembur’ di Desa Cibodas, Kelurahan Pasirjambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Senin (23/12/2019).

    Hajat Lembur bertajuk ‘Mewariskan Budaya Luhur di Hari Ibu’ itu ditandai dengan penanaman pohon secara serentak. Penanaman pohon serentak ini sudah menjadi komitmen PDIP untuk menjadikan isu lingkungan sebagai salah satu permalahan yang harus segera diselesaikan, terlebih untuk lahan kritis di DAS Citarum.

    Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono mengatakan, Hajat Lembur ini sekaligus mengawali rangkaian peringatan HUT ke 74 PDIP. Puncaknya nanti PDIP akan menggelar ‘Gerakan 222’, pada 2 Februari 2020.

    Baca Juga: Kasus Suap, KPK Panggil 9 Sanksi dari PTDI

    “Puncaknya akan ada gerakan menanam pohon pohon nasional di lahan-lahan kritis,” kata Ono.

    Di momen hari ibu ini, penanaman pohon dilakukan oleh ibu dan anak.

    “Peringatan Hari Ibu ini sudah dilakukan 22 Desember 2019. Hari ini kami fokuskan pada isu lingkungan dengan melibatkan ibu dan anak dalam penanaman pohon,” kata dia.

    Hal ini penting untuk mengedukasi ibu agar lebih dini memberikan pemahaman pada anak-anaknya tentang arena pohon, hutan dan sungai merupakan warisan budaya luhur bagi bangsa Indonesia.

    Kegiatan Hajat Lembur ini merupakan gerakan awal bagi PDIP untuk mewujudkan Leweung Padjajaran. Pada kegiatan puncak, kata Ono, PDIP akan menanam ribuan pohon.

    “Pada gerakan 222 mendatang, seluruh jajaran PDIP mulai dari PAC, DPC hingga DPD akan melakukan gerakan nasional menanam pohon, serta membersihkan sungai dan selokan secara serentak. Khusus di Jabar, 10 kota kabupaten di DAS Citarum juga akan melakukan penanaman pohon di wilayahnya masing-masing,” kata dia.

    Sementara itu, Ketua Panitia Hajat Lembur Sofia Yuninar mengungkapkan, PDIP Jabar menginisiasi Leweung Padjadjaran di Kabupaten Bandung. Menurut dia, awalnya hulu Sungai Citarum menjadi prioritas penghijauan, namun akhirnya gerakan tanam pohon ini menjadi gerakan nasional.

    “PDIP melakukan aksi yang begitu nyata, turun langsung ke lapangan dan memberi solusi untuk persoalan lingkungan khususnya Sungai Citarum,” kata dia.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Sekjen DPP sekaligus anggota fraksi PDIP DPR RI Sadarestuwati dan Kepala Baguna Pusat PDIP Max Ruland Boseke.

    Kemudian Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bandung Harjoko Sangga Nagara serta jajaran pengurus PDIP Jabar.

    Selain itu hadir penggiat dan tokoh lingkunan Jawa Barat Eyang Memet. Dalam acara tersebut dilakukan prosesi serahterima pohon secara simbolik dari Wakil Sekjen DPP kepada Ketua DPD PDIP Jabar yang kemudian diberikan kepada lima ibu-ibu.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img