spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Pemprov Jabar Guyur Atlet Popnas XV dan Peparpenas IX Hingga Rp2,2 Miliar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar mengucurkan bonus bagi atlet-atlet yang sudah berprestasi di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019 dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX tahun 2019. Total uang penghargaan yang digelontorkan Pemprov Jabar mencapai Rp2,2 miliar.

    Pada Popnas XV yang digelar di Jakarta pada 16-25 November 2019, Jabar meraih 37 medali emas, 34 perak, dan 28 perunggu sekaligus mencetak hattrick juara umum. Sedangkan di ajang Peparpenas IX yang digelar di Jakarta, 25-29 Oktober 2019, Jabar meraih 9 medali emas, 4 perak, 3 perunggu, dan finish di peringkat lima.

    Di ajang Popnas XV/2019 yang mempertandingkan 13 cabang olahraga, kontingen Jabar dihuni 331 orang yang terdiri dari 224 orang atlet, 36 orang pelatih, dan 51 orang ofisial. Sedangkan kontingen Peparpenas IX Jabar dihuni 44 orang yang terdiri dari 24 orang atlet, 5 pelatih, dan 15 ofisial dengan lima cabang olahraga yang dipertandingkan.

    Untuk kategori perorangan, peraih medali emas mendapat bonus sebesar Rp10 juta per keping, lalu peraih medali perak Rp7,5 juta per keping, medali perunggu Rp6 juta per keping dan non medali Rp4,5 juta.

    Sedangkan untuk kategori beregu, peraih medali emas diganjar Rp9 juta per keping per orang, medali perak Rp7 juta per keping per orang, medali perunggu Rp5,5, juta per keping per orang, dan non medali Rp4,5 juta per orang.

    Selain bagi atlet, bonus pun diberikan bagi pelatih medali emas sebesar Rp7,5 juta, medali perak Rp6 juta, medali perunggu Rp5 juta, dan non medali Rp4,5 juta. Lalu bagi ofisial kontingen, bonus diberikan bagi sekretariat sebesar Rp4,5 juta, suporting cabang olahraga Rp3,75 juta, medis Rp6 juta, paramedis Rp5 juta, dan umum Rp4,5 juta.

    Uang bonus diserahkan langsung Gubernur Jabar, Ridwan Kamil secara simbolis kepada perwakilan atlet Popnas XV dan Peparpenas IX. Bonus terbesar Popnas XV diraih atlet renang yang meraih 5 medali emas dan 2 perak, Prada Hanan Pramandini sebesar Rp.63 juta. Sedangkan bonus terbesar Peparpenas IX diraih Naila Puja Rislani dari cabang olahraga renang sebesar Rp30 juta usai merebut 3 medali emas.

    Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengucapkan rasa terimakasih atas dedikasi dan perjuangan para atlet, pelatih, dan ofisial kontingen yang sudah berjuang di Popnas XV maupun Peparpenas IX. Prestasi yang sudah ditorehkan para atlet makin menegaskan jika Jabar dikenal sebagai penghasil dan gudang atlet berprestasi di Indonesia.

    “Tahun ini pun, visi Jabar Juara makin kokoh setelah di lintas bidang berhasil merebut gelar juara. Di Popnas menjadi juara tiga kali berturut-turut, juga di ajang Pornas Korpri yang juga mencetak hattrick juara umum, dan terakhir di ajang olahraga dan seni antar santri, Pospenas VIII,” ujar Emil usai menyerahkan penghargaan bagi atlet berprestasi di ajang Popnas XV dan Peparpenas IX di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis (19/12/2019) petang.

    Dengan prestasi yang sudah diraih, lanjut Emil, para atlet jangan cepat berpuas diri dan jemawa. Sebaliknya, atlet harus terus meningkatkan latihan dan prestasinya hingga level tertinggi.

    “Janag cepat berpuas diri. Terus berprestasi, buktikan citra Jabar Juara dengan prestasi setinggi mungkin. Penghargaan dari Pemprov Jabar, jangan dilihat dari sisi nilainya tapi itu sebagai tanda cinta bagi para atlet yang sudah menjadi pahlawan masa kini,” tegasnya.

    Kepala Dispora Jabar, Engkus Sutisna menuturkan, para atlet pelajar ini menjadi cikal bakal atlet masa depan Jabar maupun Indonesia di ajang yang lebih tinggi. Baik di PON, SEA Games, Asian Games, atau bahkan Olimpiade.

    “Tinggal bagaimana pembinaan atlet-atlet pelajar ini tidak terputus saat mereka akan masuk ke jajaran atlet elite. Prestasi yang sudah diraih tahun 2019 ini, diharapkan bisa terus tertular di tahun 2020 yakni mempertahankan gelar juara umum PON XX dan Peparnas XVI tahun 2020 di Papua,” pungkas Engkus.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img