spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    PDIP Jabar Siap Turun untuk Citarum Harum

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Keterlibatan masyarakat dalam program Citarum Harum harus lebih ditingkatkan lagi. Selain untuk mempercepat proses pemulihan, cara tersebut pun diyakini akan semakin menggiring masyarakat untuk lebih berwawasan lingkungan.

    Demikian disampaikan Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono dalam diskusi bertajuk ‘Hutan sebagai Simbol Peradaban’ di Bandung, Jumat (13/12/2019).

    Oleh karena itu, pihaknya menginiasi program kerja berwawasan lingkungan di PDIP. Nantinya, setiap kader memiliki tanggung jawab terhadap pemeliharaan linkungan khususnya pohon di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

    “Mudah-mudahan bisa mendorong kesadaran masyarakat. Kesadaran ini titik awal untuk mulai pemulihan lahan kritis,” kata Ono.

    Sebagai langkah awal, gerakan tersebut akan dimulai dengan penanaman pohon yang akan melibatkan seluruh unsur masyarakat sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS).

    Bukan hanya menanam, kader PDIP di tingkat bawah pun memiliki tanggungjawab untuk merawat dan memastikan keberadaan pohon yang ditanam.

    Nantinya, menurut dia penanaman pohon ini akan rutin dilakukan, sehingga bukan hanya seremoni saja.

    “Kami mengkoordinasikan semua elemen masyarakat, termasuk partai politik, pemerintah. Bagaimana melestarikan hutan dari hului sampai hilir. Ini harus jadi gerakan,” kata dia.

    Sekretaris DPD PDIP Jabar Ketut Sustiawan mengatakan, gerakan ini akan dilakukan massif di seluruh wilayahnya. Gerakan perdana pihaknya akan menanam pohon secara serentak di 10 kabupaten/kota yang dilalui Citarum.

    “Kita ingin melakukan gerakan yang menyinkronkan pemerintah dengan rakyat,” kata dia.

    Adapun 10 kabupaten/kota yang terlintasi DAS Citarum, yakni Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Sumedang, Purwakarta, Cianjur, Bekasi, Bogor dan Karawang.

    “Kegiatan ini sekaligus akan mengawali rangkaian peringatan HUT ke-47 PDIP 10 Januari 2020,” kata Ketut.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img