spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    Cimahi, Kemenpora Gelar Festival Pemuda Kreatif

    CIMAHI, FOKUSJabar.id: Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menggelar Festival Pemuda Kreatif di Lapangan Pemkot Cimahi, Sabtu (7/12/2019).

    Kegiatan tersebut digelar Kemenpora sebagai upaya mendorong pemuda untuk semakin kreatif. Sekaligus membangun semangat agar pemuda Kota Cimahi mempunyai atensi besar meningkatkan wawasan ekonomi kreatif.

    Demikian disampaikan Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI Djunaidi.

    Baca Juga: Kolaborasi Dengan Vespa, Dior Luncurkan Skuter

    Selain memberikan motivasi, Kemenpora berharap ke depan ada sinergi lebih untuk mendorong kepada pemerintah, termasuk Kota Cimahi untuk bisa memfasilitasi anak-anak muda melalui Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora).

    Dalam acara tersebut dipamerkan karya-karya anak muda di sektor ekonomi kreatif. Untuk diketahui, yang termasuk kategori ekonoki kreatif di antaranya Kriya, grafika, fesyen, film, musik, kuliner, hingga IT.

    “Saya tadi melihat ada produk bagus di pameran ini, yaitu pameran robotik dari mahasiswa satu perguruan tinggi. Saya kira produk robotnya itu bisa ditampilkan di festival atau lomba-lomba internasional,” kata Djunaidi.

    Selain di Kota Cimahi, kegiatan serupa juga sudah digelar di beberapa kabupaten/kota di Indonesia, seperti di Gorontalo, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Tangerang, Kupang hingga Timika.

    “Masih terbatas, saya berharap ke depan lebih banyak. Selain memotivasi, yang paling penting adalah pembentukan watak atau karakter cretivity. Menumbuhkan kreativitas ini harus di mulai dari level keluarga, diperkuat lingkungan, sekolah hingga perguruan tinggi,” kata dia.

    Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menilai semangat kegiatan Festival Pemuda Kreatif ini senada dengan misi yang diusung Pemkot Cimahi yang berupaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul tak terkecuali di sektor ekonomi kreatif.

    “Cita-cita kita di Cimahi semakin banyak generasi muda yang unggul dan siap bersaing. Jadi ini (kegiatan) salah satu yang harus dimanfaatkan dan diapresiasi,” kata Dikdik.

    Untuk mendorong kualitas SDM tersebut, pihaknya telah mendirikan Cimahi Techno Park (CTP) sebagai wadah untuk mendorong pemuda meningkatkan kreativitas, khususnya di sektor teknologi informasi.

    “Kita beraharap semua dilakukan Pemkot Cimahi pun bisa memberikan manfaat positif untuk mempersiapkan generasi muda Cimahi sebagai generasi hebat,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img