spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Gubernur Jabar Luncurkan Aplikasi Sapawarga, Diskominfo Garut Raih Penghargaan Best Sapawarga Administrator

    GARUT, FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) luncurkan aplikasi ” Sapawarga ” dalam acara Jabar Digital Innovation Awards 2019 bertempat di Trans Convention Center, Jalan Gatot Subroto No289, Kota Bandung, Jumat (6/12/2019).

    Gubernur Jabar Luncurkan Aplikasi Sapawarga, Diskominfo Garut Raih Penghargaan Best Sapawarga Administrator

    Aplikasi tersebut kata Emil, untuk memudahkan warga menyampaikan aspirasinya kepada pemangku kebijakan. Ketua Rukun Warga (RW) sebagai penanggungjawab diberi gawai yang dilengkapi aplikasi Sapa Warga agar dapat berkomunikasi secara virtual dengan Gubernur maupun Bupati/Wali Kota.

    “ Ketua RW juga bisa memberikan laporan terkait potensi wilayahnya maupun membuat pengaduan. Aplikasi ini berfungsi sebagai jalan tercepat untuk menyampaikan aspirasi secara berjenjang,” kata Emil.

    Menurut Emil, aplikasi tersebut merupakan tranformasi dan inovasi pelayanan digital di Jabar yang diharapkan mampu mempermudah kehidupan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dengan begitu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengetahui langsung  permasalahan di level terdekat warga.

    “ Selain untuk wadah komunikasi antara ketua RW dengan kami, juga warga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menyampaikan aspirasi (usulan) untuk lingkungan sekitarnya,” tegas Emil.

    Pada program Digital Innovatios Awards 2019, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut raih penghargaan kategori Best Sapawarga Administrator (Local Government). Tak hanya itu, Ketua RW dan Pendamping Lokal Desa Kecamatan Talegong dan Pameungpeuk pun mendapat penghargaan dari Gubernur.

    Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Muksin menyebut, penghargaan tersebut merupakan langkah awal sebagai pemicu untuk membentuk karakter inovator seluruh masyarakat.

    Inovasi sambung dia, tidak hanya identik dengan teknologi yang rumit. Intinya, inovasi tersebut suatu cara mengatasi masalah, mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

    ” Sapa Warga merupakan salah satu program pendukung Desa Digital untuk memudahkan masyarakat berkomunikasi dengan Pemprov Jabar,” imbuhnya.

    Untuk itu, dia berharap, seluruh masyarakat pengguna Android agar mengunduh aplikasi “ Sapawarga “di Google Play Store. Sementara untuk pengguna IOS, saat ini masih dalam pengembangan.

    Adapun jenis kategori usulan terdiri dari infrastruktur, keamanan, kesehatan, ketenagakerjaan, pelayanan umum dan sosial, pendidikan, sosial budaya serta Sumber Daya Manusia (SDM).

    Kegunaan aplikasi tersebut sambung  dia, sama persis dengan penggunaan Sosial Media (Sosmed). Yang membedakannya, semua akan terekam dalam satu sistem. Mulai dari jejak komunikasi hingga semua aspirasi yang disampaikan.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img