spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Kalahkan DKI Jakarta, Jabar Raih Medali Emas di Kata Beregu Putra

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Jawa Barat menambah satu medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (Popnas) XV tahun 2019. Emas ketiga bagi kontingen Jabar kembali disumbangkan dari cabang olahraga (Cabor) karate yang digelar di GOR Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019).

    Emas ketiga Jabar dari Cabor karate disumbangkan trio Gilang Waluyo, Yudha Fadillah, dan Syahrun Nizar dari nomor kata beregu putra. Tak tanggung-tanggung, trio karate Jabar berhasil mengalahkan trio karateka tuan rumah DKI Jakarta.

    Pada laga final, trio karateka DKI Jakarta tampil terlebih dahulu dan mendapatkan nilai 24,42 dari para juri. Trio Jabar yang membawakan kata Unsu, justru tampil lebih lepas dan bertenaga sehingga mendapatkan ganjaran nilai 24,68.

    Kemenangan Gilang, Yudha, dan Nizar pun disambut sukacita tim karate Popnas XV Jabar. Ucapan selamat dan air mata haru pun tergambar dari setiap anggota kontingen karate Popnas XV Jabar serta tim pendukung lain.

    “Alhamdulillah, kita sudah melampaui target sebelumnya yakni dua emas. Mereka (trio kata beregu putra) memang kita targetkan untuk meraih medali emas,” kata penanggungjawab tim karate Popnas XV Jabar Yedih Lesmana seusai laga final, Senin (18/11/2019).

    Tiga medali emas yang diraih Jabar, selain dari nomor kata beregu putra, disumbangkan juga dari nomor kata perorangan putra dan kumite +76 kg putra yang berlaga di hari pertama, Minggu (17/11/2019). Medali emas kata perorangan putra disumbangkan Yudha Fadillah dan kumite +76 kg putra atas nama M Ridhwan Fawas.

    Meski sudah mampu melampaui target, Yedih mengaku masih ada peluang di beberapa nomor untuk menambah medali emas. Salah satunya di nomor beregu putri yang sudah memastikan diri maju ke babak final.

    “Dengan raihan tiga medali emas untuk sementara kita memimpin klasemen raihan medali di cabor karate Popnas XV. Kita masih punya peluang menambah medali emas karena pada hari ini ada enam nomor yang memperebutkan medali emas, lalu besok empat medali emas dan hari terakhir dua medali emas,” kata dia.

    Pada Popnas XV tahu 2019 ini, lanjutnya, Jabar diperkuat oleh 18 atlet yang didampingi dua pelatih dan satu penanggungjawab. Jumlah nomor yang dipertandingkan pada cabor karate Popnas XV sebanyak 18 nomor yang terdiri dari empat nomor kata da 12 nomor kumite.

    “Sebagaian besar atlet yang kita kirim ini merupakan atlet PPLP Jabar. Semoga kita bisa menambah raihan medali emas dan jadi juara umum di cabang karate,” kata dia.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img