spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Ini Syarat Stadion untuk Piala Dunia U-20 yang Ditetapkan FIFA

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Indonesia sudah dipastikan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 setelah ditunjuk FIFA usai melakukan general meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019) lalu. Indonesia berhasil menyisihkan Brasil dan Peru yang juga mengajukan diri menjadi tuan rumah.

    Untuk menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20, Indonesia melalui PSSI sudah mengajukan 10 stadion kepada FIFA sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. Yakni stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), Mandala Krida (Yogyakarta), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), I Wayan Dipta (Bali) dan Jakabaring (Palembang).

    FIFA sendiri hanya akan menetapkan 6 stadion yang akan menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20. Dalam penetapannya, FIFA akan menerapkan berbagai persyaratan yang cukup ketat.

    Baca Juga :Tips Olahraga Gunakan Masker

    “Masalah stadion, kami berikan pilhan ke FIFA untuk dipilih. FIFA akhirnya memilih 6 dari 10 stadion itu,” kata Iwan Budianto yang saat itu menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, seperti dilansir bola.kompas.com.

    Salah satu syarat stadion yang bisa menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20, dikatakan Iwan yang harus memiliki tempat latihan yang sesuai standar FIFA. Hal tersebut sesuai dengan arahan FIFA yang meminta harus ada tempat latihan yang akan dipakai tim peserta.

    “Ketika mereka melakukan inspeksi 10 stadion, fisik sudah jadi, tetapi mereka (FIFA) bertanya minimal ada lima lapangan latihan di sekitar stadion dengan kualitas rumput yang sama,” kata Iwan.

    Selain itu, syarat lain yang ditetapkan FIFA bagi stadion yang akan menggelar turnamen antarnegara yakni kursi stadion yang harus single seat. Dari 10 stadion yang diajukan, beberapa stadion di Indonesia yang memenuhi standar yang ditetapkan FIFA diantaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, stadion Patriot Bekasi, stadion Pakansari Bogor, stadion si Jalak Harupat Soreang, dan stadion Wibawa Mukti Cikarang.

    “SUGBK, Patriot, Pakansari, Jalak Harupat, dan Wibawa Mukti kan memang sudah single seat. Semuanya hasil renovasi Asian Games 2018,” tegas Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

    (ars/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img