spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Kapolda Jabar dan Kapolrestabes Bandung Sambut Aksi Buruh yang Damai

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Suasana berbeda terlihat pada unjuk rasa penolakan berbagai rancanhan undang-undang di Bandung, Rabu (2/10/2019).

    Jika beberapa hari sebelumnya situasi rusuh dan mencekam, bahkan mengakibatkan kerugian fisik, seperti kerusakan kendaraan dan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, kali ini aksi berlangsung damai dan penuh keakraban.

    Ribuan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jabar (ABJ) menyampaikan aspirasinya dengan tertib tanpa unsur provokasi sedikit pun.

    “Kami ingin menyampaikan aspirasi dengan cara-cara yang beradab, tanpa menghilangkan substansi yang ada,” kata Koordinator ABJ Ajat Sudrajat.

    Menurut dia, suasana kisruh yang ‘menghiasi’ aksi massa beberapa hari terakhir ini harus dihentikan jika kondusivitas ingin terus dijaga.

    Aksi penolakan hal-hal yang salah akan berbalik keliru jika dilakukan dengan cara-cara yang tidak tepat.

    “Kami menyuarakan penolakan terhadap rencana revisi undang-undang ketenagakerjaan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Tapi kami tak ingin penolakan ini berujung hal negatif lainnya,” kata dia.

    Suasana aman dan akrab semakin terlihat saat Kapolda Irjen Rudy Sufahriadi bersama Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema menemui demonstran.

    Sambil sedikit berbincang-bincang, keduanya menyalami satu per satu buruh yang tengah menyampaikan aspirasinya itu.

    “Buruh sangat tertib,” kata Kapolda.

    Keramahan kedua petinggi polisi inipun mendapat balasan dari buruh yang langsung memangku dan mengarak Kapolda dan Kapolres tersebut. Aksi damai yang berlangsung sekitar tiga jam ini berakhir pada pukul 14.30 WIB.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img