spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Citarum Harum dan Ekonomi Inklusif Jadi Fokus Kerjasama Pemprov Jabar dengan AIC

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan (Pemdaprov) Jabar dan Australia-Indonesia Centre (AIC) akan berkolaborasi mencari jawaban tentang tantangan pembangunan.

    Gubernur Jaabar Ridwan Kamil (Emil) mengatakan bahwa AIC akan terlibat dalam program Citarum Harum dan pengembangan ekonomi inklusif di desa-desa se Jabar.

    “Mereka akan membantu kita menyukseskan program Citarum Harum melalui keilmuannya, juga dilibatkan pada pengembangan ekonomi inklusif di desa,” kata Emil saat bertemu 12 tokoh pendidikan dan peneliti dari Australia yang tergabung dalam Board of Australia-Indonesia Centre (AIC) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (26/8/2019).

    Tidak hanya itu, AIC pun akan melakukan riset soal ekonomi digital. Menurut dia, keterlibatan AIC ini merupakan wujud penerapan konsep Panthahelix yang diterapkan Pemprov Jabar dalam menjalankan roda pemerintahannya. Penthahelix  adalah menggandeng lima unsur, yaitu ABCGM (Akademisi, Bisnis, Community, Government, dan Media) dalam pembangunan.

    “Riset-riset mereka akan bermanfaat bagi pembangunan kita, inilah bentuk kolaborasi Penthahelix tak hanya dari dalam negeri, tapi dari luar negeri,” kata dia.

    Pada kesempatan yang sama, Pemprov Jabar dan AIC menandatangani Letter of Intent (LoI) sebagai bentuk keseriusan kerja sama kedua belah pihak.

    “Kita langsung tanda tangan Letter of Intent untuk menunjukkan keseriusan. Jadi, langsung pada rencana aksi,” kata Emil.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img