CIAMIS, FOKUSJabar.id: Direktur RSUD Ciamis, Aceng Solehudin menjelaskan, dalam satu hari RSUD melayani sekitar 1.500 pasien. Karenanya, kualitas pelayanannya akan terus ditingkatkan melalui beberapa opsi. Salah satunya, mencanangkan pendaftaran nnline yang kini sedang dalam tahap pemutakhiran.
Menurut Aceng, pemberlakuan sistem online akan dikaji bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Ciamis untuk pemutakhiran, agar mempermudah pasien (keluarga pasien) dalam mendaftar. Dengan begitu, dapat mengurangi jumlah antrean.
Selain sistem online, pihaknya juga akan melayani pendaftar yang datang langsung ke RSUD dengan metode ganjil genap.
” Sebagian daftar melalui online dan sebagian lagi daftar langsung ke RSUD. Mereka yang daftar online, domisilinya jauh dari RSUD. Ini bisa mengurangi jumlah antrean,” kata dia.
Terkait keluhan yang kerap muncul dari pasien, Aceng mengaku sudah menaruh kotak saran di setiap ruangan. Selanjutnya menjadi bahan evaluasi menuju perbaikan.
” Kita akan selalu evaluasi jika ada keluhan dan permasalahan dalam pelayanan. Setiap bulan kita menampung informasi dan segera mengevaluasi secara khusus bagian mana yang mesti diperbaiki/ditingkatkan,” ungkapnya.
Terkait Sidak Bupati Ciamis dan ketidakhadiran dokter, kata Aceng, pada waktu itu secara kebetulan tdak ada jadwal praktek. Jika dokter sedang tidak ada, berarti sedang melakukan perawatan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).
” Saya akan memfasilitasi silaturahmi Pak Bupati dengan seluruh dokter RSUD agar tercipta kesepahaman dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Selebihnya terkait pelayanan, kita selalu menekankan kepada seluruh karyawan untuk fokus meningkatkan mutu kualitas pelayanan. Jangan terganggu dengan hal lain yang dapat mengurangi fokus kerja melayani masyarakat,” tegasnya.
(Moh Eza/Bam’s)