spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Gubernur Jabar Siap Bantu Squash Dipertandingkan di PON XX

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) menuturkan, kehadirannya pada penutupan kejuaraan Squash ‘Gubernur Jabar Squash Open 2019’ sebagai bentuk apresiasi dan dukungan agar lebih berkembang dan berprestasi.

    Secara khusus, dirinya pun siap membantu upaya Pengprov Persatuan Squash Indonesia (PSI) Jabar yang mendorong Cabang Olahraga (Cabor) Squash dipertandingkan pada PON XX/2020 di Papua.

    ” Saya akan bantu agar Squash bisa dipertandingkan di PON XX tahun 2020 mendatang di Papua. Pak Ketua (PSI Jabar, Daud Achmad) sudah menginformasikan ke saya, siapa saja yang harus ditelpon dan dikontak. Jangan sampai fasilitas yang sudah kita bangun mahal-mahal ini membuat Squash tidak naik kelas di even nasional,” ujar Emil.

    Emil menilai, terancamnya Squash tidak dipertandingkan di PON XX kemungkinan karena ada kendala komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Untuk itu, dirinya akan coba membantu menyambungkan komunikasi yang terputus dan tidak berjalan dengan baik tersebut.

    ” Kita akan perjuangkan agar Squash dipertandingkan di PON XX karena pada saat PON 2016 yang lalu dipertandingkan dan Jabar mampu meraih empat medali emas. Mudah-mudahan Squash ini makin lama makin populer dan makin merata, tinggal bagaimana dikondisikan dengan baik oleh pengurus PSI,” tegasnya.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Pengprov PSI Jabar terus mendorong agar cabang olahraga squash bisa dipertandingkan pada PON XX/2020 di Papua. Berdasarkan informasi terakhir, Squash terancam tidak dipertandingkan karena tidak masuk dalam SK cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XX meski beberapa provinsi sudah mengusulkannya termasuk Jabar.

    ” Di PON XIX tahun 2016 lalu, squash menjadi pertandingan resmi. Bahkan di ajang SEA Games dan Asian Games, squash pun menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Masa di PON XX malah tidak digelar. Kalau tuan rumah PON XX, Papua, tidak siap menggelar karena tidak punya sarana, Jabar siap menjadi tuan rumah penyelenggara karena punya sarana dan pengalaman menggelar pertandingan PON,” ujar Ketua Pengprov PSI Jabar, Daud Achmad.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img