spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Jabar Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Sambo se-Asia Tenggara

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Setelah sukses menggelar kejuaraan Sambo pada 1st Southheast Asia Sambo Championship 2018 di Lagoon Hotel Sultan, Senayan, Jakarta dan Asian Games di Indonesia, 31 Agustus-1 September 2018 lalu, Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi) akan menggelar 2nd South East Asia Sambo Championship 2019.

    Pengprov Persambi Jabar didapuk sebagai tuan rumah penyelenggara kejuaraan sambo se-Asia Tenggara yang menjadi bagian kampanye menuju Sea Games Philipina 2019 (Road to SEA Games Philipines 2019) dan digelar pada 22 Juni 2019 di Aston Hotel Tropicana, Jalan Cihampelas Kota Bandung.

    Ketua Panitia Pelaksana Arnold Silalahi menuturkan, 2nd South East Asia Sambo Championship 2019 akan diikuti oleh enam negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah. Sekitar 50 atlet Sambo dari enam negara kemungkinan besar akan ikut meramaikan kejuaraan yang dijadikan ajang ujicoba menjelang gelaran SEA Games XXX 30 November-10 Desember 2019 di Philipina.

    ” Yang sudah memastikan ikut kejuaraan, yakni Indonesia mendaftarkan 12 atlet, Malaysia enam atlet, Singapura delapan atlet dan Philipina delapan atlet. Kita masih menunggu kepastian jumlah atlet yang akan dikirimkan oleh Thailand dan Vietnam,” kata Arnold di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (14/6/2019).

    Selain mempertandingkan kategori senior sport dan combat sambo, lanjut Arnold, 2nd South East Asia Sambo Championship 2019 pun akan mempertandingkan kategori cadet sport sambo. Laga pada kategori cadet sport sambo atau sambo U-15 sebagai upaya memperkenalkan olahraga sambo di Indonesia, khususnya di Jabar.

    “Rencananya, kejuaraan akan dibuka Ketua Umum KONI Pusat dan dilanjutkan dengan pertandingan,” ungkap dia.

    Ketua Umum Pengprov Persambi Jabar Ucok Purba mengatakan, kejuaraan sambo se-Asia Tenggara yang digelar di Bandung ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pihaknya. Dia berharap olahraga ini bisa lebih dikenal di Jabar dan menjadi Cabor andalan di level nasional maupun internasional.

    “Jabar menyumbang sekitar 60 persen komposisi atlet sambo di tim nasional. Semoga saja olahraga sambo terus berkembang dan semakin diminati masyarakat,” kata Ucok.

    Pada gelaran 1st Southheast Asia Sambo Championship 2018 di Lagoon Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, 11-12 April 2018, Indonesia tampil mendominasi dan berhasil menjadi juara umum dengan raihan 7 medali emas, 11 medali perak, dan 4 medali perunggu dari total 15 nomor

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img