spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Mang Oded Segera Luncurkan Gerakan Sumur Resapan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Wali Kota Bandung, Oded M Danial akan segera meluncurkan gerakan untuk meningkatkan kapasitas air baku di Kota Bandung. Yakni melalui gerakan pembuatan sumur resapan di setiap rumah di Kota Bandung.

    Mang Oded (sapaan Wali Kota Bandung) mengimbau seluruh masyarakat Kota Bandung untuk membuat sumur resapan di rumah masing-masing sebagai tandon air. Dengan demikian, ketersediaan air baku di Kota Bandung pun semakin meningkat dan bertambah.

    “Dalam waktu dekat ini, saya sudah rancang pembuatan sumur resapan ini sebagai program kebjakan sebuah gerakan layaknya KANG PISMAN dalam bidang kebersihan,” ujar Mang Oded saat ditemui di kantor PDAM Tirtawening Kota Bandung, Jalan Badak Singa Kota Bandung, Jumat (3/5/2019).

    Mang Oded menuturkan, pembuatan sumur resapan merupakan bukti sebagai rasa syukur nikmat terhadap rezeki yang sudah diberikan Allah SWT. Pasalnya, setiap tahun, Allah SWT sudah memberikan air melimpah melalui hujan yang sangat luar biasa.

    “Namun kita terlalu banyak kufur nikmat karena airnya dibiarkan dan mengalir ke hilir. Ssaat kemarau tiba dan kita butuh air, tapi justru airnya tidak ada,” tambahnya.

    Jika ingin jadi orang yang bersyukur, lanjut Mang Oded, salah satunya dengan membuat sumur resapan sebagai tandon air di rumah masing-masing. Ssemua potensi air yang turun dari hujan, dialirkan ke sumur resapan dan insha Allah tidak akan merasakan kekurangan air.

    “Dalam skala besar, Pemkot Bandung bersama PDAM Tirtawening akan mengupayakan untuk membuat kolam retensi. Namun untuk skala kecil, masyarakat pun harus punya tandon air melalui pembuatan sumur resapan,” tegasnya.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img