spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Bersinergi, Tiga BUMN Ini Bidik Pasar Afrika

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: PT Len Industri (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT INKA (Persero) melakukan kerjasama pengembangan bisnis perkeretaapian global di kawasan Asia Pasifik, Afrika, dan kawasan lainnya. Nota kesepahaman kerjasama tersebut ditanda tangani Direktur Utama Len Industri Zakky Gamal Yasin, Direktur Utama Wika Tumiyana, Direktur Utama INKA Budi Noviantoro di Gedung Wika, Jakarta (19/3/2019). Ketiga BUMN itu akan berkolaborasi dalam mengikuti tender proyek luar negeri, khususnya Afrika dan Asia Pasifik.

    “Transportasi perkeretaapian adalah core business utama kita, jadi akan terus kita dorong di level internasional. Kita tawarkan sistem yang terintegrasi, sehingga tidak bisa maju sendiri-sendiri. Tahun 2018 lalu, lini bisnis transportasi menyumbangkan 68 persen dari total pendapatan perusahaan,” kata Dirut Len Industri Zakky Gamal Yasin melalui rilisnya.

    Dalam sambutannya, Zakky mengatakan bahwa salah satu kendala pada proyek tersebut, yakni permodalan. Proyek sudah ada, tetapi fasilitas pembiayaan belum sepenuhnya suport.

    “Makanya diajaklah Indonesoa Eximbank untuk hadir dalam acara hari ini. Hadir pula dalam acara ini Direktur Pelaksana 1 Indonesia Eximbank Raharjo Adi Susanto, serta Direktur Afrika, Kemenlu RI Daniel Tumpal,” kata dia.

    Untuk kerjasama ini PT Len Industri akan berperan dalam instalasi dan pengadaan material persinyalan, telekomunikasi, substation (power), SCADA, automatic fare controller, dan portable sliding door untuk perkeretaapian. Len Industri telah berpengalaman dalam pembangunan transportasi perkeretaapian baik Jalur Utama (mainline) di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, maupun urban transport seperti LRT Sumatera Selatan, LRT Jakarta, LRT Jabodebek serta APMS / Skytrain Bandara Internasional Soekarno Hatta.

    Sedangkan WIKA akan berperan sebagai kontraktor EPC international melingkupi konstruksi pekerjaan infrastruktur, termasuk stasiun, jalan rel, depo dan lainnya. Kemudian INKA dengan ruang lingkup penyediaan sarana perkeretaapian dan transportasi darat, operation, maintenance dan after sales service.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img