spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Tiga Srikandi Panahan Jabar Terpanggil Seleknas SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Tiga atlet Panahan Jawa Barat terpanggil mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) tim Panahan Indonesia untuk menghadapi SEA Games 2019 di Manila dan persiapan menuju Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Seleknas sendiri akan digelar di lapangan Cijantung, Jakarta, 25-27 Januari 2019.

    Sekretaris Umum Pengprov Perpani Jabar, Ryan Agung Hendriana menuturkan, ketiga atlet panahan tersebut yakni Sri Ranti, Astrid Nadia Fadilah, dan Ratna Humaira. Sri Ranti dan Astrid akan mengikuti selekai di nomor FITA Compound, sedangkan Ratna di nomor FITA Recurve.
    ” Pemanggilan ke seleknaa sendiri didasarkan pada hasil kejuaraan nasion yang digelar pada tahun 2018 lalu di Jakarta. Astrid dan Ratna masing-masing meraih medali perunggu, sementara Sri Ranti merupakan penghuni pelatnas sebelumnya dan tidak ikut kejurnas,” ujar Ryan saat ditemui di sekretariat Pengprov Perpani Jabar, komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (25/1/2019).
    Terkait peluang ketiga srikandi Jabar untuk menghuni pelatnas, Ryan mengaku masih fifty-fifty. Terutama bagi Astrid dan Ratna yang terbilang merupakan atlet baru atau debutan baru untuk pelatnas.

    “Kalau dari peluang, saya fikir semua atlet yang dipanggil punya peluang. Hanya saja kalau melihat porsentase, Sri Ranti lebih besar dibanding Astrid dan Ratna. Kalau untuk kuota atlet, pihak PB Perpani masih menunggu keputusan dari Kemenpora, yang pasti skor tertinggi disetiap nomor yang diambil,” terangnya.

    Meski demikian, Ryan mengaku, terpanggilnya tiga atlet menuju seleknaa merupakan keuntungan tersendiri bagi Jabar. Hal tersebut bisa memberikan pengalaman dan meningkatkan mental bertanding atlet.
    “Apalagi jika mereka bisa terpanggil pelatnas maka akan sangat menguntungkan karena programnya tidak akan jauh beda dengan program persiapan kita untuk PON XX,” tuturnya.
    Sementara untuk persiapan PON XX tahun 2020 sendiri, Pengprov Perpani Jabar berencana akan menggelar seleksi daerah (selekda). Selekda yang sebelumnya akan digelar pada akhir Januari 2019 ini, diundur menjadi pada bulan Maret 2019.
    “Selain bentrok dengan jadwal seleknas, kita pun ingin atlet yang akan mengikuti selekda ini benar-benar mempersiapkan diri sejak saat ini. Untuk nomor selekda sendiri, sama dengan nomor di PON XX yakni 25 nomor pertandingan. Dan untuk surat pemberitahuan akan kita layangkan ke pengcab-pengcab Perpani kota kabupaten, paling telat sebulan sebelum pelaksanaan,” tegasnya.
    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img