spot_img
Senin 1 Juli 2024
spot_img
More

    Warga Israel Dilarang Ikut Gelaran Olahraga di Malaysia

    MALAYSIA, FOKUSJabar.id: Pemerintah Malaysia menerbitkan aturan melarang warga Israel ikut serta dalam setiap acara dan turnamen yang digelar Negeri Jiran. Keputusan itu diambil setelah Malaysia melarang atlet Negeri Zionis mengikuti kejuaraan renang dunia bagi penyandang difabel pada Juli 2018 lalu.

    Menteri Luar Negeri Saifuddin Abdullah mengatakan kabinet Malaysia telah sepakat memutuskan aturan itu berlaku pada pekan lalu.

    “Bahkan jika kita berkomitmen menggelar sebuah acara dan turnamen internasional, mereka (warga Israel) tidak diizinkan masuk ke negara ini,” ucap Saifuddin dalam jumpa pers, seperti dilansir CNN, Jumat (18/1/2019).

    “Kedua, Malaysia tidak akan menjadi tuan rumah sebuah acara yang mengharuskan keikutsertaan Israel,” tambahnya.

    Saifuddin mengatakan Malaysia akan terus mengambil posisi seperti itu untuk memperjuangkan nasib rakyat Palestina. Mereka menyatakan apa yang dialami bangsa Palestina merupakan krisis kemanusiaan.

    “Kami melihat masalah Palestina tidak hanya dari sudut pandang agama, ini adalah masalah kemanusiaan, hak asasi manusia,” katanya.Sementara itu, Komite Olimpiade Paralympic Internasional (IPC) menyatakan pihaknya sangat kecewa dengan sikap pemerintah Malaysia.

    “Di saat kami terus melanjutkan dialog dengan panitia lokal dan Komite Paralimpik Nasional, Dewan Pengurus IPC akan membahas masalah ini pada pertemuan di London pekan depan,” tulis IPC dalam pernyataan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img