spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Utang Tak Kunjung Lunas, Satgas Anti Rentenir Berikan Solusi

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Ketika masyarakat kesulitan masalah ekonomi, banyak masyarakat memilih jalan pintas dengan meminjam uang ke lintah darat (rentenir). Meskipun resikonya sangat merugikan karena bunganya sangat besar.

    Ada warga Kota Bandung yang terhisap lintah darat dan mengadu kepada Satgas Anti Rentenir. Dia mengadu utangnya tak kunjung lunas.

    ” Jadi bapak itu selama dua tahun meminjam uang Rp5-10 juta ke rentenir sampai total pinjamanya Rp250 juta. Korban meminjam uang untuk biaya usaha dan kebutuhan sehari-hari,” ujar Satgas Harian Anti Rentenir Aji Sonjaya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Kota Bandung, Senin (7/01/2019).

    Aji menyebut, sebenarnya korban sudah membayar utang lebih dari uang yang dipinjamnya sebesar Rp600 juta, tapi tetap belum lunas karena belum bayar utang pokok nya sebesar Rp250 juta.

    ” Setelah mengadu ke sini, kami proses. Akhirnya, si-korban tidak perlu membayar lagi bunga dan sudah bebas,”ucapnya.

    Meski sudah selesai, pihaknya terus monitoring si korban. Hal itu dilakukan agar tidak lagi meminjam uang kepada rentenir.

    ” Kita berikan pencerahan agar mereka tidak pinjam lagi dan berikan solusi bagaimana jika mereka membutuhkan dana-dana yang sifatnya urgen bisa langsung ke BPR Kota Bandung atau mengikuti program Kredit Mesra dan Kredit Melati,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img