spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Dansatgas Citarum Apresiasi Semua Elemen Masyarakat

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) mengapresiasi semua elemen masyarakat yang telah terlibat sejak awal. Termasuk pegiat lingkungan Citarum Harum, seniman, akademisi dan TNI dalam program penanganan sungai terbesar di Jawa Barat tersebut.

    “ Citarum alami banyak kemajuan. Semua kami apresiasi apalagi TNI. Dengan kehadiran TNI, kemajuan Citarum luar biasa. Saya selalu apresiasi di berbagai kesempatan,” ungkapnya, Kamis (3/1/2019).

    Emil menjelaskan, hasil evaluasi anggaran saat rapat bersama Menko Maritim diketahui bahwa ada penganggaran program dan kegiatan Citarum Harum yang kurang terkoordinasi.

    “ Sudah ada kemajuan, tapi masih ada problem, kita tidak bisa tutup mata. Hasil evaluasi di Kemenkomaritim ditemukan kekurangkompakan dalam penganggaran. Bukan tentang peran,” kata Emil.

    Inilah yang mendasari Dansatgas Citarum, Gubernur Jawa Barat membangun tim lintas elemen yang akan dibuatkan payung hukumnya pada Satgas Citarum dan Pokja Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Sungai Citarum.

    Dalam Perpres, Dansatgas ditugaskan membereskan. 2019 kekurang kompakan itu akan dapat diperbaiki. Pertama membentuk pusat komando Citarum, bikin ruangan khusus untuk rapat.

    Kedua, anggaran juga harus terkoordinasi, jangan sampai ada imbas kepada salah satu pihak sebagai akibat kekurangkompakan.

    “ Yang saya maksud selama ini bukan urusan uangnya atau ilmu, tapi urusan kepemimpinan di level pas penganggarannya. Jadi akibatnya kita tidak tahu, departemen apa sedang mengerjakan apa, memberikan dampak apa, itu ngga ada ukuran. Itu yang saya maksud kekurangkompakan itu,” jelas Emil.

    Sementara itu Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat, Prima Mayaningtias yang juga menjabat sebagai Wakil Pelaksana Harian Sekretariat Satgas Citarum mengatakan, saat ini telah terbit Kepgub no 614/Kep.1303-DLH/2018 tanggal 12 desember 2018 tentang Sekretariat Satgas Citarum dan Pokja Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Sungai Citarum.

    “ Ini adalah langkah komitmen bersama untuk mewujudkan sinergitas dan kebersamaan semua komponen untuk bersama mewujudkan Citarum Harum,” singkat dia.

    (Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img