spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Ketua KONI Jabar Sebut Atlet Karate Harus Punya Karakter

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Selain mendapat pengalaman dan pelajaran dari sebuah kejuaraan, seorang atlet karate harus memiliki nilai dan karakter dalam kehidupan.
    Foto Ageng
    Demikian diungkapkan Ketua Umum KONI Jabar saat menbuka pelaksanaan Kejuaraan Daerah antar Dojo KKI se-Jawa Barat ‘Piala Kang Emil’ tahun 2018 di GOR Laga Tangkas, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu (15/12/2018).
    ” Menjadi seorang karateka itu tidak mudah. Karena itu, seorang karateka jangan hanya mendapat ilmu beladiri saja. Tapi juga soal nilai-nilai dan karakter kehidupan,” ujar Ahmad saat ditemui di GOR Laga Tangkas, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung.
    Untuk itu, dalam sebuah pertandingan, seorang atlet karate jangan peenah berpikir harus menang. Tapi harus berpikir untuk tidak kalah sehingga akan mendorong semangat, penguasaan teknik serta karakter dalam bertanding.
    “Jadi pada kejurda ini, bukan hanya menimba ilmu beladiri tapi silaturahmi sebagai saudara dalam karate pun harus dipupuk. Dari sisi keprestasian, kita harap muncul atlet karate potensial untuk membela Jabar di kejurnas maupun even tertinggi lain,” tegasnya.
    Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Jabar, Gianto Hartono menuturkan, daru kejuaraab beladiri ini bisa mencetak karakter atlet yang unggul. Untuk itu, para atlet tidak hanya mampu menguasai ilmu beladiri tapi juga menjadi manusia berguna bagi bangsa dan negara.
    ” Yang tak kalah penting, seorang atlet harus punya arah kehidupan yang jelas seperti makna dari kata Do dalam karate-do,” ujar Gianto.
    Ketua Panitia, Endun Hamdun menuturkan, kejurda kali ini diikuti oleh 475 atlet yang mewakili dojo binaan KKI dari seluruh Jabar. Kejurda kali ini pun mempertandingkan sebanyak 492 kelas pertandingan yang dibagi dalam beberapa kategori usia.
    ” Tujuan dari pelaksanaan kejurda ini yakni untuk mengukur prestasi atlet karate KKI Jabar dalam rangka pembinaan dan pembibitan. Diharapkan dari kejurda ini bisa lahir atlet karate yang siap diteejunkan di berbagai even kejuaraan dan sasaran akhir yakni membawa KKI sebagai juara umum di Kejurnas Mendagri tahun 2019,” pungkaa Endun.
    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img