spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Pengadaan Kendaraan Damkar Roda Tiga di Kota Cimahi Belum Efektif

    CIMAHI, FOKUSJabar.id : Plt Kasatpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Dadan Darmawan menilai, kendaraan Damkar roda tiga tidak efektif digunakan untuk menanggulangi kebakaran.

    Pasalnya, kapasitas dan daya pancar kendaraan cukup rendah. Kapasitas airnya hanya 500 liter, sedangkan daya pancarnya hanya sekitar 10 meter.

    ” Kalau versi temen-temen Damkar kelihatannya kurang efektif. Daya pancarnya juga gak terlalu jauh,” kata Dadan saat dihubungi melalui sambungan telpon, Minggu (18/11/2018).

    Seperti diketahui, pengadaan Damkar roda tiga itu dilakukan Pemerintah Kota Cimahi tahun 2016 saat era kepemimpinan Atty Suharti-Sudiarto. Kendaraan itu dibagikan ke setiap kelurahan se-Kota Cimahi untuk penanganan kebakaran di kawasan pemukiman padat.

    Namun, jika melihat fungsinya sejauh ini, memang tak terlalu digunakan. Sebab, selama ini untuk penanganan kebakaran masih mengandalkan kendaraan pancar Damkar Kota Cimahi.

    Dadan menambahkan, memang kendaraan Damkar roda tiga itu kurang efisien. Selain karena kapasitas tampung air dan daya pancarnya yang kurang, kendaraan itu akan goyah jika dibawa dengan kecepatan tinggi. Sedangkan untuk penanganan kebakaran, kecepatan itu menjadi hal mendasar.

    ” Dibawa dalam kecepatan tinggi agak goyang,” ucap Dadan.

    Dadan melanjutkan, kendaraan Damkar roda tiga itu lebih cocok dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Di antaranya untuk penyiraman taman-taman di kelurahan masing-masing.

    “Kalau saya, lebih cenderung untuk perawatan taman atau apa, kalau untuk kebarakan gak efektif,” pungkas Dadan.

    (Achmad Nugraha/Bam’s) 

    Berita Terbaru

    spot_img