spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Kemendagri Pastikan Benny Harus dilantik Jadi Sekda Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hasil konsultasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait posisi Sekda Kota Bandung memastikan Benny Bachtiar harus tetap dilantik.

    Kepala BKD Jabar Sumarwan Hadisoemarto mengatakan, konsultasi sudah dilakukannya dengan Kemendagri pekan lalu. Namun tidak ada perubahan sikap dan keputusan dari Pusat terkait polemik Sekda Kota Bandung.

    “Intinya mereka tetap pada keputusan pertama. Silakan (Benny) dilantik kemudian ajukan evaluasi, kalau tidak sesuai target wali kota. Silakan usulkan pergantian dengan berkordiasi bersama kemendagri juga,” kata Sumarwan di Bandung, Jumat (16/11/2018).

    Terlebih, kata dia, permasalahan ini kuncinya ada di Kemendagri, idealnya Dirjen Otda Kemendagri harus juga mengundang Pemkot Bandung. Menurut dia keputusan ini tidak bisa dipersalahkan pada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

    “Karena proses seleksi terjadi saat Ridwan Kamil masih menjabat sebagai wali kota. Sebagai wali kota memang normatifnya seperti itu, punya kewenangan memilih Sekda,” jelas dia.

    Secara normatif, kata dia, Kemendagri sebetulnya sudah menyatakan persoalan ini selesai dengan surat jawaban atas permohonan Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajukan nama Ema Sumarna yang tetap ditolak. Menurut dia, normatifnya Dirjen Otda sudah menyatakan selesai.

    “Kemarin sudah ada suratnya pas saya konsultasi, lanjut saja. Dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pun juga turun,” kata dia.

    Sumarwan menilai pelantikan Benny dan kemudian dilakukan pergatian menjadi solusi tepat karena sesuai aturan perundang-undangan. Dan untuk evaluasi sekda, sesuai dengan undang-undang yang berlaku itu evaluasi dilakukan setelah satu tahun bekerja kemudian diberikan waktu enam bulan kesempatan untuk mmeperbaiki kinerja.

    Namun bisa saja evaluasi dilakukan kurang dari setahun jika sekda terkait benar-benar tidak bisa bekerjasama dengan wali kota dan jajarannya.

    “Nanti ada tim khusus dari kemendagri untuk investigasi,” kata dia.

    Dia mengaku membuka ruang konsultasi pada Pemkot Bandung agar keputusan tersebut bisa dijalankan dan polemik pelantikan ini segera teratasi.

    “Wastukencana ke Diponegoro kan dekat,” papar dia.

    Sebelumnya, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat surat rekomendasi dari Kemdagri dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai balasan dari surat yang dilayangkan Wali Kota Oded terkait penggantian nama Sekda Bandung pada 29 Oktober lalu.

    Iwa memastikan Kemendagri dan KASN tetap meminta agar Oded tetap melantik Benny Bachtiar menjadi Sekda. Selaras dengan hal itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun menguasakan perintah pusat ini pada Iwa untuk menyampaikan pada Oded.

    “Gubernur beri arahan dan saya sudah menandatangani atas surat kuasa bapak gubernur untuk meminta kepada Wali Kota Bandung melaksanakan yang sudah rekomendasi tertulis dari Kemendagri maupun dari KASN itulah yang harus dilaksanakan,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img