spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    KPU Cimahi Minim Sosialisasi, Pesta Demokrasi Belum Terasa

    CIMAHI, FOKUSJabar.id: Pesta demokrasi melalui Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 belum terasa di Kota Cimahi. Hal tersebut diakibatkan minimnya sosialisasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi.

    Pengamat Sosial dan Politik UNJANI Arlan Siddha mengungkapkan, semangat pesta demokrasi di Pemilu 2019 belum terasa di kalangan masyarakat Kota Cimahi.

    “KPU Kota Cimahi harus mulai melakukan segala sosialisasi terhadap masyarakat, jangan sampai masyarakat ini buta soal politik tahun 2019 nanti,” kata Arlan melalui sambungan telepon, Jumat (26/10/2018).

    Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan pergerakan dan tugas KPU sebagai pelaksana pemilu belum terasa. Pergantian komisioner dan pimpinan di tubuh KPU menjadi salah satu faktornya.

    Saat ini KPU Kota Cimahi dihuni oleh sejumlah nama baru, dan hanya menyisakan satu orang komisioner petahana dari struktur organisasi KPU Cimahi sebelumnya.

    “Saya juga melihat kalau orang-orang baru di tubuh KPU jadi penyebab lambatnya pergerakan KPU. Tapi mereka harus cepat beradaptasi karena sampai pemilihan itu tidak lama lagi, banyak yang harus dikerjakan dan disiapkan,” ungkapnya.

    Dia mengatakan bahwa komisioner KPU yang baru harus bisa memanfaatkan peran dari media massa untuk melakukan langkah awal sosialisasi Pileg dan Pilpres.

    “Peran media massa dalam hal ini wartawan harus dimaksimalkan. Terutama divisi sosialisasi yang harus dekat dengan media, mampu jadi jembatan. Bukan hanya Ketua KPU saja yang bisa berstatment pada media, tapi semua mesti bisa,” jelasnya.

    Meski diisi nama dan wajah baru, dia berharap KPU Kota Cimahi bisa menyelenggarakan pemilu yang sukses dan tanpa ada masalah serius.

    (Achmad Nugraha/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img