spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Ini Donggalah Pengingat Gempa dan Tsunami

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Bandung Zoo (Kebun Binatang Bandung) memiliki penghuni baru, yakni Harimau Benggala. Harimau Benggala yang lahir di Bandung Zoo pada 22 Agustus 2018 lalu itu diberi nama Donggalah oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial.

    “Saya diminta untuk memberi nama. Lalu teringat peristiwa gempa-tsumani di Donggala Sulawesi Tengah. Jadi saya terpikir nama Donggala. Namun karena ini betina maka saya tambahkan ‘H’ menjadi Donggalah,” kata Oded saat menghadiri serah terima donasi dari Cee4life ke Bandung Zoo, Jalan Taman Sari Kota Bandung, Kamis (4/10/2018).

    Nama bagi Harimau Donggalah tersebut, lanjut Oded, sebagai pengingat dari peristiwa gempa di Donggala. Dia berharap, para keeper Zoo Bandung dapat merawat Donggalah dengan baik.

    “Apalagi Donggalah ini harimau betina, sehingga suatu saat nanti bisa memiiki keturunan,” kata dia.

    Tidak hanya Donggalah, Oded pun meminta pengelola Bandung Zoo terus memelihara koleksi binatang lainnya. Pasalnya, masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya masih sangat mengharapkan kehadiran Bandung Zoo.

    “Jaga dan pelihara terus kebun binatang ini. Bagi warga yang berkunjung, saya minta agar mentaati aturan yang ada. Jangan sampai peristiwa yang lalu-lalu terjadi kembali. Tidak boleh ada yang menyakiti binatang,” tegasnya.

    Donggalah adalah harimau Benggala asal India. Donggalah lahir dari jantan bernama Sharu Khan dan betina bernama Syla. Donggalah lahir bersama satu ekor lainnya. Namun hanya satu ekor yang selamat, karena satu ekor lain dimakan induknya saat lahir.

    Donggalah lahir menjelang subuh pada Kamis (22/8/2018) dengan berat kurang dari satu kilogram. Diambil dari induknya, Donggalah pun dirawat di bagian nursery untuk disusui dan dihangatkan sesuai kebutuhan.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img