spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Banyak Data Pemilih Bermasalah, Jumlah DPT Jabar Kemungkinan Berkurang

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: KPU Jawa Barat akan menggelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) untuk Pemilu 2019 dengan KPU kabupaten/kota di Aula Setiapermana, Jalan Garut nomor 11, Bandung, Jumat (14/9/2018).

    Rapat tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Partai Politik peserta Pemilu 2019 pada saat rekapiltulasi tingkat nasional yang menemukan penggandaan daftar pemilih di Jabar hingga 25 juta pemilih.

    “Kalau isunya kegandaan berarti ada pengurangan. Misalkan kemarin DPT Pilgub Jabar sebanyak 32.7 juta, dengan adanya pencermatan ini berpotensi berkurang. Besarannya sekarang bakal diketahui,” kata Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat di Kantornya sebelum menggelar rapat Pleno Rekapitulasi DPTHP.

    Dia menuturkan, jumlah penggandaan yang ditemukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berbeda dengan jumlah yang ditemukan beberapa partai Politik. Menurut dia, Bawaslu menemukan 1 juta lebih daftar pemilih yang bermasalah.

    Dia menambahkan, jika yang bermasalah tersebut benar-benar ditemukan, maka kemungkinan DPT Jabar untuk Pemilu 2019 lebih kecil dari DPT Pilgub Jabar 2018.

    Namun, kata dia, KPU RI pun mengeluarkan perintah bagi masyarakat yang ber-KTP Elektronik tetapi belum masuk DPT, tetap bisa melakukan pencoblosan.

    “Jadi kalau begitu kan (jumlah DPT Jabar) bisa bertambah, bisa juga berkurang. Karena mengeluarkan yang bermasalah, tapi memasukan juga data baru. Bisa juga jumlahnya tetap. Sekarang baru bisa diketahui,” ucap Yayat.

    (Ibenk/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img