spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Ki Sunda Usulkan Aher dan Yuddi Chrisnandi Jadi Cawapres

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan tokoh Sunda yang tergabung dalam Ki Sunda mengusulkan Ahmad Heryawan (Aher) dan Yuddi Chrisnandi menjadi calon wakil Presiden (Cawapres) 2019.

    Dua orang asal Jawa Barat (Jabar) tersebut dinilai Ki Sunda sebagai tokoh yang paling memiliki kemampuan untuk bertarung di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

    Ki Sunda mengumumkan nama Aher dan Yuddi Chrisnandi secara simbolis di acara yang bertajuk ‘Pesan Politik Sunda Ki Sunda untuk Indonesia’, di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Jabar, Minggu (5/8/2018).

    “Dari sekian banyak tokoh di Jabar dan Banten, dua orang ini lah, (Aher dan Yuddi)Chrisnandi yang paling mungkin untuk ikut di perhelatan Pilpres 2019 mendatang,” kata seorang tokoh Sunda yang juga Ketua Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Jabar, Noery Ispandji Firman.

    Dia juga mengungkapkan, kehebatan Aher maupun Yuddi Chrisnandi dalam pemerintahan sudah terbukti. Noery menjelaskan, Aher adalah Gubernur Jabar selama dua periode dengan WTP tiga kali berturut-turut serta peraih ratusan penghargaan Nasional maupun Internasional.

    Sementara Yuddi,  adalah tokoh nasional yang muda, berani dan punya sikap, pernah menjadi  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia. Sekarang, Yuddy mengemban tugas sebagai Dubes Ukraina.

    Selain faktor tersebut, kedua nama itu dianggap sebagai cerminan dua poros berbeda yang saat ini sudah terbentuk. Sosok Aher dianggap kental dengan poros Prabowo Subianto, sementara Yuddy bersama poros Joko Widodo.

    “Kami di sini tidak melihat siapa ada di kubu siapa. Tidak ada hubungannya dengan gerakan ganti presiden maupun pro Jokowi juga. Tapi kami melihat tokoh ini mewakili dua kubu berbeda yang pantas menjadi cawapres 2019,” ujar Noery.

    (Ibenk/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img