spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Buka Popda 2018, Pj Gubernur Ingin Jabar Juara Umum di Popnas XV/2019

    ‎BANDUNG, FOKUSJabar.id: Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat  M Iriawan resmi membuka perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XII Jawa Barat 2018 di Stadion SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Senin (30/7/2018).

    Gelaran Popda XII Jabar 2018 akan diikuti sebanyak 3.038 atlet yang memperkuat 27 kabupaten/kota di Jabar.

    Pembukaan Popda XII Jabar 2018, diawali dengan defile kontingen dari 27 kabupaten/kota yang dimulai dari kontingen Kota Cimahi dan diakhiri kontingen Kota Cirebon.

    Kontingen Pekan olahraga pelajar dari berbagai daerah di Jabar saat pembukaan Popda XII di SPOrt Arcamanik (foto Ageng)
    Kontingen Pekan olahraga pelajar dari berbagai daerah di Jabar saat pembukaan Popda XII di SPOrt Arcamanik (foto Ageng)

    Kontingen dari 27 kabupaten/kota itu, Kota Bandung menjadi kontingen dengan atlet terbanyak, yakni sekitar 309 orang.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar Yudha M Saputra mengatakan, kegiatan Popda XII Jabar 2018 ini sekaligus sebagai ajang persiapan menghadapi Popwilnas di Kota Solo, Jateng, November 2018, serta persiapan Popnas XV 2019 di Papua.

    Melalui Popda tahun ini, dia berharap akan lahir atlet-atlet pelajar terbaik dari 27 kabupaten/kota di Jabar.

    “Pada Popda XII Jabar 2018 akan dipertandingkan sebanyak 21 cabang olahraga (Cabor) dengan jumlah nomor pertandingan sebanyak 284 nomor di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Karawang,” kata Yudha.

    Sementara itu, Pj Gubernur Jabar M Iriawan menuturkan bahwa Popda Jabar merupakan puncak pembinaan dari atlet usia dini, khususnya pelajar.

    Bukan tidak mungkin, atlet pelajar yang berlaga di Popda XII Jabar tahun 2018 ini akan ‎menjadi cikal bakal dari atlet elite
    Jabar.

    “Kita pun mengetahui bahwa banyak atlet Jabar yang berhasil meraih medali pada PON XIX/2016 Jabar lalu, dan itu berasal dari Popda. Jadi bukan hal. Mustahil dari Popda ini akan lahir atlet andalan Jabar, bahkan Indonesia di berbagai even olahraga,” kata Iriawan.

    Dia berharap para atlet bisa memperlihatkan penampilan terbaiknya untuk meraih preatasi di Popda XII Jabar 2018.

    Kendati begitu, Iriawan mengingatkan agar para atlet meraih prestasi dengan cara-cara yang sportif dan fair play.

    “Atlet yang meraih prestasi tinggi di Popda XII Jabar ini akan kita persiapkan untuk Popnas XV tahun 2019 di Papua. Untuk itu, lakukan penjaringan atlet dengan maksimal karena saya ingin Jabar kembali menjadi juara pada Popnas XV tahun 2019 di Papua setelah meraih dua kali juara umum di Popnas XIII tahun 2015 di Jabar dan Popnas XIV tahun 2017 di Semarang, Jateng,” pungkasnya.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img